header-baru

VARIASI DAN AC KIA VISTO

CARA KERJA DAN KERUSAKAN RESISTOR BLOWER AC MOBIL KIA VISTO

Resistor blower ac mobil KIA atau tahanan merupakan bagian komponen onderdil dari kipas blower pada mobil yang berguna untuk mengalirkan bau udara dingin ke dalam kabin penumpang. Kipas blower tersebut letaknya berada di bagian belakang dari evaporator. Udara yang dialirkan oleh blower akan melewati sirip dari evaporator untuk didinginkan baru dihembuskan kembali oleh kipas blower ke dalam kabin. Apabila blower mobil mati hembusan angin akan hilang.

Cara kerja resistor blower ac mobil KIA

Kecepatan aliran udara kencang atau kurang kencang tersebut bergantung pada kecepatan mesin blower mobil yang digunakan oleh onderdil kipas blower. Untuk mengatur kecepatan tersebut digunakan saklar yang dapat mengendalikan arus listrik yang mengalir ke motor. Jika arus listrik yang mengalir besar maka motor akan bergerak dengan cepat, sedangkan jika arus listrik yang mengalir kecil maka motor akan bergerak dengan lambat.

Untuk mengatur besarnya arus listrik tersebut maka digunakanlah resistor atau tahanan blower mobil ini. Umumnya terdapat 2 buah spare part resistor pada kipas blower untuk mengendalikan jumlah arus listrik yang dialirkan ke dalam mesin blower. Banyaknya jumlah resistor yang digunakan akan diatur oleh saklar yang memiliki tiga jenis pengaturan. Berikut pengaturan yang dapat dilakukan pada tahanan menggunakan saklar:

  1. Pengaturan rendah, hembusan angin kurang kencang

Pada pengaturan ini maka posisi saklar akan berada di bagian rendah namun jumlah resistor yang digunakan sendiri justru besar. Kedua resistor yang berada di kipas blower akan digunakan semuanya sehingga arus listrik yang melewatinya menjadi tertahan dan yang diterima oleh mesin blower menjadi lebih sedikit. Saat arus yang diterima oleh mesin kecil maka kecepatan mesin blower juga menjadi lambat.

  1. Pengaturan sedang, hembusan angin agak kencang

Pada pengaturan ini maka posisi saklar akan berada di bagian sedang dan jumlah resistor blower pendingin mobil yang digunakan hanya satu buah. Dengan demikian arus listrik yang melewatinya hanya sebagian saja yang tertahan sehingga mesin blower akan menerima cukup listrik untuk bekerja dengan kecepatan sedang.

  1. Pengaturan tinggi, hembusan angin kencang

Pada pengaturan ini maka posisi saklar akan berada di bagian tinggi sehingga tidak akan ada resistor yang digunakan untuk menghalangi arus listrik yang mengalir. Dengan demikian arus listrik dapat sepenuhnya mengalir ke mesin blower sehingga dapat bekerja dengan kecepatan yang maksimal.

Kerusakan pada resistor blower AC mobil KIA

Mungkin Anda pernah mengalami saat mengubah pengaturan saklar seperti yang sudah kita bahas diatas, namun pada kenyataannya tidak sesuai. Meskipun sudah mengatur ke pengaturan tinggi pun mungkin komponen AC tetap tidak terasa dingin, blower bunyi berisik, tidak berputar bahkan blower nyala terus . Jika hal tersebut terjadi kemungkinan terdapat masalah pada tahanan blower itu sendiri.

Masalah yang paling sering terjadi adalah putusnya hambatan di spare part resistor yang disebabkan aliran teganggan listrik yang mengalir terlalu besar. Ada pula kemungkinan tahanan tersebut kotor sehingga menghambat fungsinya untuk dapat bekerja dengan baik. Jika hal-hal tersebut terjadi maka Anda tidak akan dapat mengatur kecepatan blower mobil dengan baik, atau bahkan mesin tidak akan bekerja sama sekali.

Karena tahanan tersebut biasanya terdiri dari kumparan dengan lilitan kawat, maka dapat diperbaiki dengan cara menyolder ulang lilitan tersebut ke kumparan baru. Namun jika Anda memutuskan melakukan cara ini, maka biasanya cara kerja tahanan tidak akan dapat maksimal sesuai dengan aslinya sehingga AC tidak akan sedingin aslinya atau onderdil blower ac KIA Visto mati.

Jika Anda memang ingin mengembalikan kerja blower sesuai dengan aslinya, maka lebih baik untuk mengganti komponen tahanan tadi dengan komponen baru dengan merk yang sama yang digunakan sebelumnya maupun yang universal sesuai dengan saran bengkel service ac mobil kia visto dengan harga murah dibandingkan keadaan mobil tanpa pendingin mobil. Dengan demikian spare part resistor blower ac KIA akan bekerja dengan maksimal dan tidak bau.

Share