header-baru

AC MOBIL DAIHATSU

9 PENYEBAB AC MOBIL DAIHATSU TIDAK DINGIN YANG WAJIB DIKETAHUI OLEH PARA PENGENDARA

AC Mobil Daihatsu Tidak Dingin , AC merupakan sebuah komponen pelengkap yang pasti ada di setiap mobil Grandmax, Ayla, Espass, Luxio, Sigra, Sirion, Taft GT, Terios, Xenia terutama mobil daihatsu keluaran tahun 2000 keatas. Walaupun AC hanya sebagai komponen pelengkap, fungsi ac sangat diperlukan yakni mendinginkan suhu di mobil.

Meski AC hanya menjadi sebuah komponen pelengkap dalam mobil. Peran AC ini begitu penting. Terbukti saat AC mobil tidak dingin secara mendadak. Pasti para pengemudi mengeluh dan segera menghubungi bengkel terdekat. Namun sebelum ke bengkel, ada baiknya pengemudi mengetahui penyebab ac mobil tidak dingin. Berikut adalah penyebabnya.

  1. Kelebihan Penumpang kendaraan

Suatu AC mobil daihatsu tidak dingin mendadak bisa disebabkan karena jumlah penumpang yang terlalu berlebih. Hal ini disebabkan karena suplai udara yang dipancarkan oleh AC tidak menyebar dengan baik ke seluruh bagian mobil. Akibatnya AC mobil jadi panas.

  1. Jarang Dibersihkan

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan oleh banyaknya debu yang bersarang di AC tersebut. Sebab, debu yang bersarang akan menghalangi distribusi udara yang dikeluarkan dalam AC sehingga ac mobil buntu tidak keluar angin. Agar dingin kembali, ada baiknya AC dibersihkan minimal seminggu sekali.

  1. Kompresi AC Bocor

Kebocoran kompresi AC pun bisa salah satu penyebab mengapa ac mobil tidak dingin. Pasalnya, kebocoran ini membuat freon habis secara perlahan. Akibatnya, pengemudi harus mengisi freon kembali agar dingin.

  1. Masalah Pada Cooling Fan

Perputaran dari cooling fan yang cenderung melemah menyebabkan ac mobil tidak dingin. Apalagi bila kompresor tak mampu mengeluarkan panas dari dalam sehingga udara terasa panas. Oleh karena itu, ganti cooling fan secara berkala agar ac tersebut kembali dingin.

  1. Kerusakan Magnetic Clutch

Perubahan ac mobil daihatsu dingin menjadi ac mobil Ayla, Espass, Grandmax, Luxio, Sirion, Sigra, Terios, Taft GT, Xenia tidak dingin bisa disebabkan oleh kerusakan magnetic clutch. Magnetic Clutch ini sendiri berfungsi sebagai menghubungan kompresor dengan putaran mesin. Magnetic Clutch itu komponen terpenting dan akan sangat riskan bila komponen ini rusak.

  1. Overheating

Temperatur tinggi pada mesin bisa menjadi penyebab ac mobil tidak dingin. Temperatur tinggi ini disebabkan oleh kinerja mobil yang terlalu keras. Ada baiknya jika panas, mobil diistirahatkan sejenak.

  1. Freon habis

Penggunaan AC dalam waktu yang lama bisa menyebabkan freon ac akan cepat habis dan membuat ac mobil panas dan tidak dingin.  Apalagi sering menurunkan kaca jendela saat ac menyala. Ada baiknya freon diisi kembali agar ac tetap dingin.

  1. Kompresor mobil Daihatsu rusak

Lamanya penggunaan bisa membuat kompresor rusak dan aus. Hal ini bisa menyebabkan tekanan kompresor tidak maksimal dan sering kali menimbulkan bunyi berisik. Agar ac mobil tidak dingin kembali dingin, ada baiknya diperbaiki.

  1. Fan belt putus

Fan belt putus menjadi penyebab terakhir mengapa ac mobil tidak dingin. Hal ini disebabkan karena fan belt berfungsi menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Jika putus, maka tak ada lagi yang menyalurkan putaran mesin ke kompresor

Itulah 9 penyebab mengapa ac mobil Daihatsu tidak dingin yang wajib diketahui oleh pengendara Ayla, Espass, Grandmax, Luxio, Sigra, Sirion, Taft GT, Terios, Xenia dari merk Jepang ini. Ada baiknya sebagai pengendara mengecek komponen mobil dan service secara berkala agar berkendara lancar. Semoga bermanfaat.

Share