header-baru

FAN BELT MOBIL

MENCARI FUNGSI DAN CARA MERAWAT ONDERDIL FAN BELT MOBIL

Mencari toko jual FAN BELT MOBIL ketika putus adalah kegiatan yang sangat penting karena tanpa spare part ini beberapa komponen mobil lainnya tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Suku cadang Tali ini terbuat dari suatu bahan khusus karet serta terdapat lapisan kampas di kedua permukaan sisinya. Biasanya tali tersebut berbentuk melingkar pada komponen lainnya dan dapat di cari pada setiap mobil mobil Hyundai, Mazda, Nissan , Korea Kia,  Timor, Daewoo, Ford , Honda , Isuzu , Chevrolet, Toyota , Mercy, Datsun, BMW, Suzuki ,Daihatsu Mitsubishi pasti ada alat fan belt.

FUNGSI DAN SEBAB KERUSAKAN FAN BELT MOBIL

Fungsi fan belt mobil yang utama adalah membantu memindahkan pergerakan ataupun tenaga dari berbagai macam komponen seperti onderdil poros alternator, compressor AC, waterpump dan lain sebagainya. Caranya adalah dengan penghubung antar alat tersebut dari komponen menggunakan spare part fan belt itu sendiri.

Karena itulah saat terjadi kerusakan pada suku cadang  fan belt maka kerja komponen yang pergerakannya bergantung pada spare part inipun akan terganggu atau bahkan terhenti. Tentunya hal ini akan menyebabkan dampak yang lebih jauh lagi ke mobil yang tidak bekerja dengan baik dan akhirnya ikut merusak komponen lainnya hal ini berlaku untuk semua tali kipas mobil Korea Kia,  Timor, Daewoo, Hyundai, Mazda, Nissan , Ford , Honda , Isuzu , Chevrolet, Toyota , Mercy, Datsun, BMW, Suzuki ,Daihatsu Mitsubishi.

CARA MERAWAT FAN BELT AGAR TIDAK CEPAT RUSAK DAN AWET

Jumlah onderdil mobil fan belt yang digunakan pada setiap mobil berbeda-beda, bahkan ada pula yang hanya menggunakan satu buah fan belt mobil . Dan pada saat satu-satunya fan belt tersebut rusak, maka kendaraan tidak akan bisa saling bekerja sama sekali karena terlalu banyak komponen yang digerakan oleh satu buah fan belt tersebut.

Namun ada pula mobil yang memiliki spare part fan belt lebih dari satu seperti:

  1. Untuk memutar kipas radiator serta altenator.
  2. Untuk menghubungkan suku cadang alternator, kipas radiator dan poros engkol

Bagian ini jika beltnya putus maka kipas radiator tidak akan dapat berputar sehingga menyebabkan suhu mesin akan naik. Jika alternator tidak berputar maka mobil pada akhirnya dapat mogok karena pasokan listrik yang seharusnya berasal dari alternator tidak didapatkan sehingga pasokan listrik hanya mengandalkan aki kendaraan saja. Tentunya hal ini akan membuat aki mobil bekerja extra keras dan pada akhirnya menjadi lebih cepat rusak.

  1. Untuk menghubungkan spare part kompresor AC, power steering, dan poros engkol

Dilihat dari fungsinya, jika fan belt mobil rusak maka tentunya power steering tidak dapat bekerja. Suku cadang kompresor AC yang tidak bekerja maka AC Andapun tidak dapat menjadi dingin.

Untuk mencegah onderdil mobil fan belt agar tidak cepat rusak maka sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin. Dengan demikian alat fan belt tidak akan putus secara tiba-tiba dan mobil Anda tidak akan mati di tengah perjalanan. Berikut langkah yang harus dilakukan untuk merawat spare part mobil fan belt agar tidak cepat rusak:

  1. Periksa kekencangan van belt

Tidak baik jika fan belt terlalu kendur namun tidak boleh terlalu kencang pula, karena itu kekencangannya harus pas. Jika terlalu kendur maka fan belt dapat slip dari komponen, tetapi jika terlalu kencang maka komponen yang diputar akan cepat rusak.

  1. Periksa rutin kondisi tali kipas atau van belt

Pastikan kondisi spare part fan belt selalu pada keadaan prima, tidak ada sobekan kecil sekalipun karena sobekan walaupun kecil dapat dengan cepat menjadi besar. Pastikan pula fan belt belum aus, dan segeralah diganti jika memang terjadi agar tidak mempengaruhi fungsinya.

  1. Ingat, Jangan tambahkan gemuk pada tali kipas mobil

Ada beberapa orang yang berpikir bahwa menambahkan gemuk pada fan belt akan membuatnya bekerja lebih lancar sebagai pelicin padahal gemuk hanya akan membuat kotoran menempel lebih mudah ke fan belt sehingga cepat rusak dan menurunkan usia penggunaannya.

  1. Cari pelumas tali kipas yang khusus dan tepat sesuai kegunaannya

Seandainya van belt mobil bunyi, maka cari pelumas yang memang khusus untuk fan belt / tali kipas  sehingga tidak mengganggu fungsinya.

APA FUNGSI  ONDERDIL FAN BELT MOBIL  ?

Onderdil Fan belt melilit melalui mesin mobil, tetapi itu menggerakkan kekuatan antar  komponen otomotif vital . Onderdil mobil Fan belt korea adalah salah satu belt yang panjang, meliuk, berliku yang membuat alternator mobil , pompa power steering, AC dan dalam beberapa kasus mobil water pump mobil mobil berjalan dengan lancar dan efektif. Mobil memiliki suku cadang fan belt  untuk merangkai banyak spare part. Meskipun masing-masing fan belt  dapat diganti secara sendiri, mobil-mobil ini mengalami kinerja yang tidak konsisten atau terganggu ketika fan belt tertentu mulai rusak atau putus. Sekarang mobil hampir semua  menggunakan fan belt, sangat penting bahwa pemeriksaan rutin dilakukan untuk memastikan belt  dalam kondisi baik.

SEBERAPA SERING  ONDERDIL TALI KIPAS MOBIL PERLU DIGANTI ?

Onderdil mobil  fan belt korea dibuat untuk bertahan,  jauh lebih lama dari sebelumnya karena kemajuan teknologi karet. Dalam kondisi yang ideal, sabuk harus tetap awet  dengan rata-rata jarak pakai 40.000 hingga 70.000 km. Namun, beberapa sabuk dikencangkan secara manual dan mungkin perlu disesuaikan. Lainnya memiliki mekanisme self tensioning yang dapat mengalami keausan dari waktu ke waktu dan mungkin perlu diperbaiki untuk diganti. Satu hal yang perlu diingat: dalam banyak kasus, jika fan belt putus, fungsi salah satu mobil akan berhenti berjalan.

APA YANG TERJADI SAAT ONDERDIL FAN BELT MOBIL SUDAH TERPAKAI LAMA ?

Mereka bisa buat mesin berdecit, retak dan bagian-bagian karet dapat terkelupas dari onderdil tali kipas. Belt sudah lama terpakai juga bisa mulai tergelincir atau berdecit, terkontaminasi dengan cairan atau menjadi tidak selaras, dalam hal ini perlu diganti, bahkan fan Belt korea tua bahkan bisa putus.

APA MANFAAT MENGGANTI SPARE PART TALI KIPAS MOBIL ?

Mengemudi memakai spare part fan belt korea yang sudah lama adalah masalah yang menunggu untuk terjadi karena itu menggerakkan hampir semua onderdil  mesin. Itu berarti ketika Tali kipas putus , tergelincir dan, akhirnya dari pompa power steering ke alternator dan AC akan berhenti bekerja. Terlebih lagi, bagian-bagian yang dikendalikannya bisa rusak parah. Selang dan sabuk yang rusak menjadikan mesin yang rusak bahkan lebih buruk. Dengan mengganti tali kipas  korea secara berkala,  dapat meminimalkan risiko kerusakan lebih parah. Inspeksi mobil tahunan atau inspeksi visual selama penggantian oli adalah cara yang baik untuk menentukan kondisi belt  mobil saat ini, sambil memberi  gambaran tentang kapan perlu diganti.

FUNGSI SUKU CADANG FAN BELT MOBIL

Banyak mobil terbaru saat ini dilengkapi dengan perangkat self tensioning yang disebut fan belt tensioner otomatis. Tensioner ini dirancang untuk menahan jumlah tegangan yang telah ditentukan pada sabuk onderdil fan belt sehingga berfungsi dengan baik dan menjaga mobil tetap jalan. Sabuk tali kipas seperti karet yang berputar cepat. Dan, seperti gelang karet, harus menjaga keseimbangan fleksibilitas dan ketegangan antar spare part mobil yang terhubung dengan belt. Kebanyakan tensioner memiliki pegas dan puli internal, yang menerapkan gaya yang diperlukan terhadap sabuk fan belt agar tetap kencang. Jika tidak ada tegangan yang cukup, sabuk dapat keluar jalur, mendecit  atau lepas. Masalah terburuk,  sabuk longgar mungkin terlepas dari pulleysnya. Ketika ini terjadi, semua onderdil mobil terkait akan mengakibatkan mobil akan berhenti berjalan.  Jika sabuk fan belt mobil korea longgar, mungkin memiliki masalah mekanis lainnya seperti pompa air yang kurang berfungsi, yang dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas.

BEBERAPA MACAM ONDERDIL JENIS FAN BELT YANG ADA DI MOBIL

Sabuk fan belt adalah sabuk yang paling umum di mobil saat berguna untuk  mengendalikan fungsi sebagian besar setiap sistem untuk mobil dengan harga yang bermacam macam. Sebagai alternatif, mobil  mungkin memiliki serangkaian sabuk V (juga dikenal sebagai sabuk kipas), yang melakukan fungsi serba guna yang sama seperti sabuk fan belt korea . Beberapa mobil juga mungkin memiliki sabuk timing belt mobil “bergigi” di mesin yang merupakan kunci kinerja mesin mobil secara keseluruhan. Sabuk ini dapat mengatifkan pompa oli dan bagian-bagian penting lainnya.

APA GEJALA FAN BELT  ONDERDIL MOBIL MUNGKIN MEMERLUKAN PENGGANTIAN ?

Ketika sabuk mulai tergelincir, suara memekik berdecit bisa terjadi. Ini adalah hasil dari belt dan pulley tidak berfungsi dengan benar, ketegangan sabuk rendah atau peregangan sabuk atau sudah rusak. Kebocoran minyak juga dapat berkontribusi terhadap slip pada belt. Jika  mendengar bunyi-bunyian ini,  perlu agar mobil  diperiksa sesegera mungkin sebelum kerusakan menjalar lebih lanjut terjadi.

Kehilangan kinerja sistem,  mungkin spare part mobil power steering  telah rusak, baterai mobil  tiba-tiba mati atau mesin  berhenti begitu saja. Semua ini dikendalikan oleh fan belt atau onderdil V-belt yang berfungsi dengan baik. Setelah sabuk fan belt  tidak diperhatikan, itu dapat menghasilkan kerusakan lebih lanjut pada sistem vital  seperti alternator, pompa air, power steering dan AC  yang terhubung dan bergantung padanya. Sayangnya, kerusakan yang diakibatkannya dapat memerlukan perbaikan ekstra.

Jadi dengan ulasan diatas, jangan pernah mengabaikan suara aneh  yang timbul akibat tali kipas. Di mana ada suara, ada masalah potensial yang akan terjadi.

Apabila anda membutuhkan maupun mencari spare part fan belt mobil korea KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX CAKRA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i )CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS, LIMO, SOLUNA, INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER LAND CRUISER ), Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA KARIMUN CARRY SPLASH) Nissan ( GRAND LIVINA SERENA EVALIA JUKE MARCH X-TRAIL TEANA ELGRAND NAVARA) , Honda , Isuzu , Daihatsu, Mercy, BMW, Datsun go, Mitsubishi ( EXPANDER MIRAGE PAJERO SPORT DAKAR STRADA TRITON OUTLANDER ) cepat hubungi kami supaya toko 53 motor bisa menyediakannya dengan harga yang wajar.