header-baru

THERMOSTAT MOBIL

CARA KERJA ONDERDIL THERMOSTAT MOBIL DAN PENGECEKANNYA

Thermostat mobil adalah komponen penting yang akan membantu menjaga suhu mesin agar dalam keadaan yang optimal pada setiap merek mobil Nissan , Honda , Toyota, Daihatsu , Ford , Korea Hyundai, Korea Hyundai, Timor, Chevrolet, Kia, Korea Daewoo, Mazda, Isuzu , Suzuki , BMW, Mercy, Datsun, Mitsubishi dengan harga yang bervariasi. Karena itu fungsi dari spare part thermostat adalah agar dapat menahan posisi air pendingin sehingga hanya akan bersirkulasi di dalam mesin pada saat suhunya rendah. Baru kemudian membuka saluran di dalam mesin yang terhubung ke suku cadang radiator supaya air pendingin dapat bersirkulasi di radiator maupun sebaliknya saat mesin mencapai suhu tertentu.

FUNGSI DAN CARA KERJA SUKU CADANG THERMOSTAT MOBIL

Seperti kita ketahui mesin akan bekerja secara efficient pada temperatur tinggi sekitar 80 sampai 90o C, sehingga temperatur air pendingin akhirnya akan bergantung pada temperatur dari mesin itu sendiri. Fungsi thermostat mobil akan membuat katup mesin terbuka atau tertutup tergantung pada suhunya.

Dengan demikian pada saat temperatur masih berada di posisi rendah maka katup akan tertutup sehingga onderdil radiator tidak akan dialiri air pendingin agar temperaturnya cepat naik. Saat temperatur sudah menjadi tinggi, maka thermostat akan membuka katup sehingga air pendingin dapat mengalir ke radiator. Cara kerja thermostat mobil ini akan menjaga suhu mesin tetap optimal.

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik kendaraan adalah melepaskan onderdil thermostat saat mobil overheat karena saran dari teman yang katanya akan membuat mobil tidak overheat lagi. Padahal saran ini salah dan sangat fatal akibatnya bagi mobil Anda. Tanpa spare part thermostat maka mesin tidak akan dapat mencapai suhu kerja optimal yang seharusnya. Selain itu proses pendinginan yang mencegah overheat justru akan terhambat.

Dengan demikian tanpa thermostat maka kendaraan Anda malah akan lebih mudah overheat terutama saat dibawa melaju dengan kecepatan yang tinggi. Karena suhu kerja optimal yang seharusnya dicapai tidak dapat tercapai tanpa thermostat, maka mesin tidak dapat bekerja secara maksimal dan penggunaan bahan bakar juga tidak akan efficient sehingga cenderung boros. Karena itulah cara yang tepat untuk permasalahan ini adalah memastikan agar kondisi thermostat tetap optimal, bagi berbagai jenis mobil Nissan , Suzuki , Honda , Toyota, Daihatsu , Ford ,Timor, Chevrolet, Kia, Korea Daewoo, Korea Hyundai, Mazda, Isuzu , BMW, Mercy, Datsun, Mitsubishi.

LANGKAH PENGETESAN SPARE PART THERMOSTAT MOBIL

Untuk memeriksanya dengan cara sederhana, coba lepaskan thermostat dari housing, periksa karetnya, bila sudah kembung maka ganti thermostat Anda dengan yang baru. Bila Anda ingin mengetes apakah thermostat dapat bekerja dengan baik, maka Anda akan memerlukan pemanas air listrik yang bisa didapatkan dengan mudah di toko alat rumah tangga, kemudian ikuti langkah pengetesan berikut ini:

  1. Ikat thermostat tersebut dengan benang kemudian gantung di atas pemanas air dengan posisi thermostat berada di dalam air.
  2. Nyalakan pemanas air, kemudian perhatikan suhu yang tercantum di thermostat.
  3. Cek pada suhu berapa thermostat mulai terbuka untuk kali pertama, dan saat terbuka penuh.

Jika dari hasil pengetesan tersebut thermostat sudah mulai terbuka untuk kali pertama pada suhu ruang atau hanya sekitar 30o C, maka gantilah onderdil thermostat kendaraan Anda dengan yang baru. Karena seharusnya yang benar katup baru akan terbuka saat suhu sudah sekitar 80-90o C. Jika pada suhu rendah pada thermostat sudah membuka katup, berarti ada kerusakan pada thermostat tersebut yang akan mempengaruhi cara kerjanya. Jika dibiarkan maka mesin tidak akan dapat mencapai suhu kerja mesin yang dibutuhkan agar dapat bekerja secara efficient. Mesin akan bekerja lebih berat, penggunaan bahan bakar akan menjadi boros dan kemungkinan akan terjadi overheat. Lakukan pengetesan spare part thermostat dengan rutin untuk memastikan kondisinya tetap baik agar mesin bekerja dengan optimal. Bila kendaraan  Suzuki ,Nissan , Honda , Isuzu , Daihatsu , Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi , Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX BIMANTARA CAKRA NENGGALA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) KOREA KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA HILUX INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA CALYA ETIOS VALCO FORTUNER PRADO LEXUS LAND CRUISER ) mencari toko jual komponen thermostat segera tekan tombol telepon ataupun sms kami LIMA TIGA MOTOR.

Share