header-baru

FUNGSI PULLEY DAMPER MOBIL RUSAK

FUNGSI DAN CARA KERJA PULLEY DAMPER MOBIL

Pulley damper mobil merupakan bagian yang berfungsi untuk menggerakan berbagai onderdil kendaraan Chevrolet, Daihatsu , Suzuki , korea Kia, Hyundai, Nissan , Honda , Isuzu , Datsun, Mercy, BMW,  Toyota, Timor, Mazda, Ford , Mitsubishi melalui hubungan dari v-belt. Sumber dari semua pergerakan tersebut adalah dari pergerakan as mobil yang dihubungkan oleh v-belt dengan bantuan pulley ke berbagai komponen lain seperti kompresor, pompa air dan power steering. Semua komponen tersebut juga memiliki pulley penghubung untuk menerima gerakan yang disalurkan oleh v-belt tersebut. Karena itulah di dalam kendaraan Anda terdapat beberapa buah pulley yang saling berhubungan satu sama lain untuk menggerakkan berbagai kompeonen lainnya.

Kerusakan yang sering terjadi pada pulley damper mobil

Memang kerja pulley itu sendiri sebenarnya hanyalah berputar di tempat sebagai tempat duduk dari v-belt dimana semua pergerakan yang ada akan ditransmisikan menggunakan v-belt tersebut. Biasanya ada pulley yang berada di titik tengah dan berhubungan dengan pulley lainnya. Contohnya adalah pulley di bagian pompa air yang juga berhubungan dengan pulley di bagian kompresor AC serta pulley di bagian as mobil.

Di bagian spare part kompresor AC tersebut biasanya Anda dapat melakukan penyetelan pada pulley. Namun dapat terjadi, saat penyetelan hanya dilakukan pada pulley yang terdapat di bagian kompresor AC, akan mempengaruhi juga pulley yang terdapat di bagian pompa air. Akibatnya pulley di bagian pompa air akan ikut tertarik dan menyebabkan posisinya jadi oleng.

Jika dipaksakan terus melakukan perputaran dalam posisi yang tidak benar ini, maka fungsi pulley tersebut akan mengalami kerusakan meskipun sebenarnya alat di bagian ini bukanlah pulley yang utama. Pulley yang utama tentunya pulley yang berada di bagian as mobil. Pulley ini adalah penggerak utama yang pergerakannya menjadi pancingan untuk menggerakkan pulley lainnya.

Karena itulah jika Anda melakukan penyesuaian pada salah satu pulley yang bergerak maka pastikan untuk memperhatikan pula pulley lain yang terhubung dengan pulley tersebut. Jangan sampai penyetelan yang Anda lakukan hanya pada salah satu pulley justru menyebabkan pulley lainnya menjadi rusak karena tertarik.

Kerusakan pulley damper mobil lainnya dapat pula diakibatkan oleh karet peredam yang ada di dalam pulley yang sudah terlalu lama digunakan sehingga aus. Karet peredam tersebut berfungsi untuk menahan getaran agar pulley tetap fleksibel saat menerima teganggan yang dibawa oleh v-belt yang terhubung dengannya. Keausan karet peredam tersebut juga akan mempengaruhi posisi pulley sehingga menjadi oleng karena tidak dapat menahan getaran dari v-belt yang terus menerus.

Biasanya jika hal ini terjadi, Anda dapat mendengar suara cit cit dari bagian pulley tersebut. Suara juga akan terdengar dari bagian AC mobil, meskipun belum tentu onderdil tersebut yang rusak. Karena memang kerusakan pulley yang menyebabkan posisinya menjadi oleng juga akan menyebabkan fan belt AC menjadi rusak jika terlalu lama didiamkan. Jika Anda hanya mengganti fan belt AC saja, dan tidak berapa lama kemudian fan belt tersebut kembali rusak maka ada kemungkinan kerusakan tersebut disebabkan oleh pulleynya.

Anda juga perlu memperhatikan apakah karet pulley damper mobil sudah getas atau terdapat sobek. Jika hal ini terjadi maka struktur pulley akan rusak kemudian bagian pulley dalam serta pulley luar akan lepas. Tentunya ini akan mengakibatkan pulley tidak dapat bekerja menghantarkan tenaga ke pulley lainnya sehingga menyebabkan masalah pada keseluruhan mesin mobil.

Karena itulah saat sedang melakukan pengecekan mesin, lebih baik Anda juga melakukan pengecekan pada karet pulley damper mobil Chevrolet, Daihatsu , Suzuki , korea Kia, Hyundai, Nissan , Honda , Isuzu , Datsun,  Toyota, Timor, Mercy, BMW, Mazda, Ford , Mitsubishi untuk melihat apakah sudah lewat masa pakainya.

Share