header-baru

MAGNETIC CLUTCH AC MOBIL

MENCARI FUNGSI DAN CARA KERJA SPARE PART MAGNET CLUTCH AC MOBIL

Magnet clutch ac mobil adalah salah satu komponen onderdil penting untuk dicari yang terdapat pada AC dan terletak di bagian poros. Seperti kita ketahui bahwa AC pada mobil Chevrolet Nissan  Honda  Datsun Mitsubishi Suzuki Toyota Timor Isuzu  Daihatsu  Ford  Mercy BMW Kia Hyundai Mazda dapat tetap mati meskipun mesin mobil sudah dinyalakan. Dan untuk menggendalikan nyala atau matinya AC tersebut digunakanlah magnet cluth atau kopling magnet ini. Saat AC kendaraan menyala maka spare part kopling magnet juga menyala dan jika AC mati maka kopling ini akan mati.

MENCARI KOMPONEN, FUNGSI, DAN CARA KERJA SPARE PART MAGNET CLUTCH AC MOBIL

Fungsi magnet clutch ac mobil ini sendiri adalah untuk menghubungkan atau juga dapat memutuskan hubungan dari spare part kompresor dengan putaran dari mesin mobil. Kopling magnet ini sebenarnya terdiri dari serangkaian onderdil, dimana terdapat 3 komponen utama dari kopling magnet, yaitu:

  1. Spull ac mobil

Komponen ini merupakan onderdil yang letaknya ada di paling dalam dari magnet clutch. Di dalamnya ada kumparan yang terbuat dari kawat tembaga, serta dibalut oleh isolator yang cukup baik serta dilengkapi dengan tahanan amper atau voltase. Tahanan berukuran 24 volt serta 12 volt ini berfungsi untuk mengendalikan daya dari arus listrik yang ada pada kopling magnet. Ada juga kabel yang berfungsi untuk menghubungkan listrik di switch sebagai saklar pada AC itu sendiri.

  1. Pully ac mobil

Komponen ini merupakan onderdil yang letaknya ada di tengah diantara center piece-nya serta spull di bagian dalam. Ada bearing tersendiri di bagian tengah dari pully ini yang akan bersinggungan dengan head silinder dari kompresor. Dengan demikian pully akan berputar sangat baik, sesuai dengan putaran dari poros kompresor yang seiring dengan perputaran dari mesin mobil itu sendiri. Kompresor serta mesin mobil tersebut dihubungkan oleh v-belt yang didudukkan pada puritan yang terdapat pada pully.

  1. Center piece ac mobil

Komponen ini merupakan onderdil yang letaknya ada di bagian paling depan dari magnet clutch ac mobil serta berhubungan langsung dengan as dari kompresor. Fungsi sparepart ac  Chevrolet Ford  Mercy BMW Korea Kia Nissan  Honda  Datsun Mitsubishi Suzuki Toyota Timor Isuzu  Daihatsu  Hyundai Mazda ini adalah untuk menerima ketukan listrik yang dihasilkan oleh medan magnet pada spull itu sendiri. Di dalamnya terdapat karet yang fungsinya adalah untuk menahan ketukan serta membuatnya berdentang lebih seirama saat kopling magnet melepas atau menarik dalam melakukan fungsinya sebagai saklar mati atau nyala.

Jika dilihat dari fungsi masing-masing komponen spare part kopling magnet maka cara kerja dari magnet clutch tersebut mengikuti laju putaran mesin yang juga akan memutar pully yang terhubung dengan kompresor tadi.  Saat AC kendaraan dalam keadaan hidup maka medan magnet yang berada di dalam spull akan berubah menjadi listrik. Dengan demikian center piece akan tertarik ke bagian depan untuk dikoneksikan dengan kompresor sehingga as pistonnya bergerak serta memicu semua komponen sparepart dari AC kereta lainnya untuk bekerja.

Yang perlu diperhatikan saat Anda memeriksa atau bahkan mengganti kopling magnet ini adalah kedudukannya harus benar-benar pas sehingga dapat berfungsi dengan baik. Perhatikan letak pully yang terhubung dengan kompresor dan pastikan letaknya sejajar dengan pully yang terhubung dengan mesin. Ini penting untuk menstabilkan perputaran v-belt sebagai konektor antara kedua onderdil tersebut.

Jika letak pully dari magnet clutch ini tidak benar-benar sejajar maka perputarannya tidak akan pas. Ini akan mengakibatkan pully menjadi lebih cepat panas bahkan dapat menimbulkan pijar api. Jika hal tersebut terjadi maka akan memicu konsleting yang membakar komponen lain dari magnet clutch ac mobil serta dapat juga merambat ke komponen AC lain pada mobil Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA AERIO BALENO ESTEEM ESCUDO SX4 SIDEKICK KATANA JIMNY AMENITY FORSA CROSSOVER KARIMUN CARRY SPLASHKIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW SPORTAGE VISTO SPECTRA) HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX CAKRA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC Daihatsu SIRION GRAND MAX LUXIO TERIOS AYLA XENIA) ,DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) CHEVROLET (AVEO KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER TRAX) FORD ( FIESTA EVEREST LASER  LYNX  TELSTAR FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA  ( VIOS, LIMO, SOLUNA, HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER INNOVA KIJANG LAND CRUISER ALTIS  CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER ), MAZDA ( VX-1  2 BIANTE E2000 interplay LANTIS VANTREND ASTINA 626 323 CRONOS SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 ) Nissan ( GRAND LIVINA TERRANO SERENA EVALIA JUKE MARCH X-TRAIL TEANA ELGRAND NAVARA)  , Mercy, Isuzu panther ,   Honda ( CITY ACCORD CIVIC CRV MOBILIO JAZZ BRIO FREED HRV ODYSSEY CRZ BRV) , BMW, Datsun, Mitsubishi ( MIRAGE PAJERO SPORT DAKAR STRADA TRITON OUTLANDER). Maka segera cari toko yang menjual onderdil magnet clutch ac mobil tersebut serta bawa untuk konsultasi ke montir bengkel service ac untuk segera ditangani mekaniknya.