header-baru

TIE ROD END MOBIL

FUNGSI DAN PENYEBAB ONDERDIL TIE ROD END MOBIL RUSAK

Pada sistem kemudi terdapat dua macam onderdil tie rod yaitu long tie rod serta tie rod end mobil. Untuk jenis yang pertama adalah spare part tie rod yang menempel di bagian knuckle sedangkan untuk jenis yang kedua adalah tie rod yang menempel di bagian end pada racksteer. Setiap mobil memiliki ukuran suku cadang tie rod yang berbeda-beda, karena itulah spare part ini sangatlah spesifik untuk setiap merk mobil seperti Nissan , Honda , Toyota, Daihatsu , Ford ,Timor, Chevrolet, Kia, Daewoo, Korea Hyundai, Mazda, Isuzu , Suzuki , BMW, Mercy, Datsun, Mitsubishi dengan variasi daftar harga serta ukuran yang berbeda.

FUNGSI DAN PENGECEKAN SPARE PART TIE ROD END MOBIL

Fungsi tie rod end mobil tidak dapat lepas dari onderdil long tie rod karena keduanya bekerja bersama-sama sehingga dapat meneruskan perputaran kemudi mobil agar roda bagian dapat dapat membelok ke kiri maupun ke kanan. Jika ada kerusakan pada salah satu bagian suku cadang  tie rod tersebut, maka akan terdapat goyangan pada roda mobile saat digerakan, saat Anda melewati jalanan yang rusak, sering kali ada bunyi berderak dari bagian roda mobil.

Untuk melakukan pengecekan tie rod mobil yang rusak Anda dapat mendongkrak mobil di satu sisi untuk dilihat bagian bawahnya. Sekarang cobalah menggoyang-goyangkan ban mobil, jika berderit serta terasa ada goyangan dan onderdil tie rod terlihat tidak stabil maka bisa dipastikan tie rod tersebut rusak. Untuk memastikannya bisa dibuka ban mobil Anda dan melepaskan suku cadang tie rodnya. Tie rod yang rusak saat diputar menggunakan tangan akan terasa mudah tanpa tekanan apapun dan bagian long tie rodnya akan menggantung sedangkan tie rod yang masih bagus maka Anda akan membutuhkan tenaga saat memutarnya. Kalau anda tidak berpengalaman lebih baik serahkan pada montir bengkel service kendaraan Nissan , Honda , Toyota, Daihatsu , Ford ,Timor, Chevrolet, Kia, Korea Daewoo, Korea Hyundai, Mazda, Isuzu , Suzuki , BMW, Mercy, Datsun, Mitsubishi.

Saat melihat keadaan spare part tie rod yang sudah tidak baik maka sebaiknya gantilah spare part tersebut. Biasanya baik long tie rod maupun tie rod end akan diganti pada waktu yang berdekatan karena kerusakan dari tie rod end akhirnya akan berpengaruh pada long tie rod sehingga keduanya jadi rusak. Tentunya Anda tidak harus mengganti kedua komponen secara bersama-sama terutama juga kerusakan pada tie rod end sudah ditemukan secepatnya sehingga tidak merambat dan merusak long tie rod sehingga tidak menambah biaya penggantian yang seharusnya tidak diperlukan. Setelah mengetahui harganya secepatnya mengganti spare part yang dibutuhkan maka juga segera lakukan spooring agar jarak antar kedua ban tetap presisi.

PENYEBAB KERUSAKAN SUKU CADANG TIE ROD MOBIL

Seperti kita ketahui tie rod adalah komponen yang bekerja secara terus menerus dalam mobil pada saat steer sedang diputar. Poros dari gerakan tersebut ditahan oleh onderdil mobil ball joint yang seperti karet dan seiring dengan penggunaan karet ini akan aus dan pecah. Tie rod yang menyalurkan tenaga ke knuckle juga lama kelamaan akan rusak. Dengan demikian jika tidak ada kejadian yang berarti, maka penyebab tie rod end mobil rusak biasanya adalah karena pemakaian saja dan hal tersebut normal terjadi. Terlalu sering melewati jalanan rusak ataupun berlubang terutama jika mobil dikendarai dalam kecepatan tinggi akan membuat kerusakan jadi lebih cepat terjadi, sehingga berhati-hatilah saat mengemudi untuk menjaga kondisi tie rod end mobil. Saat ada lubang jangan dilewati dengan kecepatan tinggi karena akan terjadi tekanan pada poros kendaraan sehingga menyebabkan spare part  tie rod serta bagian kaki mobil menjadi cepat rusak.

Jika kerusakan dari tie rod kendaraan tidak diperbaiki maka akan ada akibat lain di mobil seperti:

  1. Ban tidak dapat diposisikan ke center dan akan cenderung miring ke satu sisi, jika dua bagian tie rod rusak maka tidak dapat melakukan spooring.
  2. Bagian dalam ban akan lebih cepat aus atau habis karena terus tergesek saat terjadi perputaran roda disebabkan oleh jarak ban yang tidak rata.
  3. Adanya bunyi berderak saat melewati jalan yang rusak.

 

Apabila anda mencari toko jual spare part mobil tie rod end Nissan , Honda , Isuzu , Daihatsu , Suzuki , Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi , Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX BIMANTARA CAKRA NENGGALA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) KOREA KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA HILUX INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA CALYA ETIOS VALCO FORTUNER PRADO LEXUS LAND CRUISER ) segera telepon ataupun sms kami LIMA TIGA MOTOR sehingga anda mengetahui daftar harga dan segera mengganti alat yang rusak.