header-baru

TENSIONER MOBIL

JENIS DAN CARA PENGECEKAN ONDERDIL TENSIONER MOBIL YANG BERISIK

Tensioner mobil adalah alat spare part berupa bearing kendaraan yang mengatur ketegangan pada rantai keteng / rantai kamrat / rantai api / rantai mesin / timing chain. Pada dasarnya rantai keteng punya ukuran dan panjang masing-masing sama seperti onderdil rantai roda, dan untuk memastikan tegangan yang dihasilkan benar, maka digunakan spare part tensioner sebagai pengaturnya. Jika rantai keteng kendur, akan timbul suara yang mengganggu berisik di sekitar boring, bahayanya adalah ketika gigi top loncat sehingga bisa menyebabkan piston bertabrakan dengan klep. Jika ini sampai terjadi maka harga biaya perbaikan yang perlu Anda keluarkan akan jauh lebih mahal harga nya dari sekedar mengganti tensionernya (lebih murah) saja.

JENIS-JENIS SPARE PART TENSIONER YANG ADA DI TOKO OTOMOTIF

Terdapat beberapa jenis tensioner yang dibedakan berdasarkan cara penyetelannya, seperti:

  • Spare part Tensioner manual

Jenis tensioner ini penyeteannya dilakukan dengan cara mengendurkan mur pengunci setelan, dan setelahnya baut penyetel dikeraskan hingga kencang yang sesuai. Dan mur pengunci di keraskan kembali

  • Suku cadang Tensioner semi otomatis

Pengaturan tensioner jenis ini cukup merenggangkan baut penahan batang penegang, sehingga per tensioner akan mendorong dengan sendirinya batang penegang. Setelah mesin terasa halus kencangkan kembali baut penahan. Tapi terkadang dorongan per ke batang pemegang kurang kuat ketika rantai terlalu tua dan kendor. Jadi bisa dikencangkan sedikit dengan cara manual.

  • Spare part Tensioner otomatis

Pada tensioner ini tidak perlu dilakukan pengaturan karena per akan otomatis terus mendorong batang penegang dengan sendirinya secara otomatis.

Jika rantai keteng berisik coba setting tensionernya, untuk penyetelan tensioner lebih baik pada saat mesin hidup untuk menghindari tegangan terlalu kencang. Jika masih terdengar suara berisik, coba konsultasikan kepada ahlinya apakah tensioner mobil rusak dan perlu diganti atau tidak. Pada hakikatnya jarang terjadi kerusakan tensioner, kalaupun terdapat masalah tidak akan langsung menghentikan fungsi tensioner mobil.

TENSIONER MENGHASILKAN BUNYI SUARA BERISIK YANG SANGAT MENGGANGGU

Tensioner sering dianggap sebagai komponen yang bebas perawatan sehingga komponen ini tidak mendapat cukup perhatian. Komponen ini jarang rusak jadi tidak perlu dirisaukan dan tidak perlu repot-repot untuk mencari cara memperbaiki atau merawat tensioner. Masalah yang ada pada tensioner sering kali adalah ketidak mampuannya untuk menjaga kekencangan timing belt.

Jika penyetelan kekencangan sudah dilakukan dan masih berbunyi berisik yang sangat mengganggu sekali, bisa jadi tensionernya yang sudah lemah sehingga tegangan rantai keteng tidak sempurna. Namun hal ini sangat jarang terjadi jarang terjadi, karena biasanya rantai keteng lebih cepat rusak dari pada tensionernya. Solusinya tinggal bawa ke bengkel saja untuk mengganti tensioner yang bermasalah, dan sudah tidak dapat diatur kekencangannya lagi. Jika akan ganti tensioner mobil, maka gantilah dengan genuine spare part atau yang sudah punya merk seperti GMB, mobis, koyo, ntn, NSK (dengan harga berbeda beda) agar lebih tahan lama dan tidak merepotkan nantinya. Harga tensioner pada umumnya sangat terjangkau tergantung merk  mobilnya juga seperti Nissan , Datsun, Ford , Honda , Toyota, Daihatsu , Korea Hyundai, Korea Hyundai, Timor, Chevrolet, Kia, Korea Daewoo, Mazda, Isuzu , Suzuki , BMW, Mercy, Mitsubishi .

CARA MENGECEK KERUSAKAN PADA SUKU CADANG TENSIONER

Walaupun spare part tensioner mobil merupakan komponen bebas perawatan, bukan berarti komponen ini selalu diremehkan. Tensioner yang lemah akan mengurangi kenyaman berkendara dan jika dibiarkan akan merambat pada kerusakan mesin yang mengakibatkan membeli spare part lainnya dengan harga yang lebih mahal. Untuk menghindarinya, periksa puli tensioner apakah terdapat kerusakan seperti retakan.

Coba putar onderdil pulley tensioner dan dengarkan apakah timbul suara berisik. Jika terdengar, berarti menandakan bearing tensioner telah aus. Keausan yang tidak merata di bagian belakang timing belt mengindikasikan adanya ketidaksesuaian setelan antara puli dan timing belt dikarenakan oleh ausnya bearing. Jika terdapat kerusakan, ganti puli tensioner kemudian pastikan sudah dilakukan penyetelan dengan benar sehingga tidak menyebabkan keausan pada timing belt. Suku cadang bearing tensioner mobil yang sering dilumasi pun tetap bisa kendor, kering, serta rusak, sebaiknya ganti saja supaya aman dan bebas masalah di kemudian hari. Apa bila anda cari toko jual tensioner kendaraan Suzuki ,Nissan , Honda , Isuzu , Daihatsu , Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi , TIMOR SEPHIA DOHC SOHC, Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX BIMANTARA CAKRA NENGGALA GRACE ARYA) DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) KOREA KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA HILUX INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA CALYA ETIOS VALCO FORTUNER PRADO LEXUS LAND CRUISER ) catat dan lihat nomer tensionernya segera tekan tombol telepon ataupun sms kami LIMA TIGA MOTOR.