header-baru

SENSOR MOBIL

MENCARI TOKO SEDIA SPARE PART SENSOR MOBIL 

Secara kelistrikan, mobil injeksi jelas berbeda dengan mobil yang masih menggunakan karburator. Dulu diperlukan penyetelan campuran bahan bakar dan udara secara manual, sekarang dengan teknologi injeksi penyetelan manual tersebut sudah tidak diperlukan pada beberapa merek mobil terbaru seperti kendaraan Mercy, Nissan , Kia, Daihatsu , Datsun, Ford , Honda , Toyota, Korea Hyundai, Chevrolet, Korea Hyundai, Korea Daewoo, Timor, Mazda, Isuzu , Suzuki , BMW, Mitsubishi.

Tugas itu kini dikerjakan oleh otak elektronik yang terinstall pada mobil, dikenal dengan nama onderdil mobil Engine Control Module (ECM) atau kadang disebut ECU (Engine Control Unit). ECM atau ECU ini diibaratkan sebagai komandan dalam kesatuan yang mana sebuah keputusan Cuma bisa di tentukan oleh komandan. Pada mesin sistem injeksi bahan bakar mobil saat ini. Suku cadang ECM memberikan perintah kepada bagian mesin sensor-sensor mobil.

DAFTAR MACAM-MACAM SUKU CADANG SENSOR MOBIL MODERN

  • Oil pressure switch

Gunanya untuk mendeteksi tekanan oli. Jika tekanan oli lemah maka lampu indikator akan menyala pada panel instrument. Tekanan oli yang lemah bisa diakibatkan pompa oli yang rusak atau volume oli berkurang.

  • Oxygen Sensor

Sensor ini terpasang pada down pipe dan berfungsi untuk mendeteksi kandungan gas sisa pembakaran. Dari gas sisa pembakaran itu bisa dideteksi kualitas proses pembakaran yang terjadi di mesin.

  • Knock Sensor

Terpasang di silinder mesin dan berfungsi untuk mendeteksi knocking pada proses pembakaran di mesin.

  • Speed Sensor

Terpasang di spare part gearbox, untuk membaca kecepatan mobil melalui perhitungan putaran roda.

  • Water temperature sensor

Fungsi sensor mobil ini adalah mengirimkan pesan ke ECM untuk menentukan kapan kipas radiator akan menyala. Alat sensor ini membaca suhu cairan pendingin mesin.

  • Inlet water temperature

Berfungsi membaca suhu udara yang masuk ke throttle body yang mempengaruhi pembakaran mesin.

  • Camsaft position sensor

Sensor ini fungsinya adalah untuk membaca posisi rotasi onderdil chamsaft.

  • Throttle Position Sensor

Cara kerja sensor mobil ini ialah membaca posisi bukaan butterfly valve di throttle body, yang hasilnya dikirimkan ke ECM untuk dihitung jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan pada kerja onderdil mesin saat beban tinggi.

  • MAP sensor

Posisi onderdil sensor ini terdapat pada intake manifold yang bertugas membaca besarnya kevakuman pada intake manifold menuju ruang bakar mesin. Dari informasi ini ECM kemudian menghitung jumlah aliran udaran intake.

Data-data yang dikirim oleh sensor-sensor itu yang menjadikan suku cadang ECM menentukan komposisi campuran bahan bakar dan waktu pembakaran terbaik waktu mesin mobil menyala. Tidak diperlukan lagi penyetingan komposisi bahan bakar secara manual seperti pada mesin karburator. Dengan cara ini mesin jadi lebih efisien karena bahan bakar benar-benar sesuai dengan putaran mesin. Penggunaan sensor-sensor mesin sudah lama diterapkan pada mobil dan belakangan juga diterapkan pada kendaraan roda dua.

Apakah sensor-sensor ini bisa rusak? Namanya piranti buatan manusia, tentu saja bisa terjadi kegagalan kerja atau rusak. Akibatnya bisa bermacam-macam bergantung sensor apa yang mengalami kerusakan. Semisal yang rusak adalah spare part mobil Sensor Throttle, maka mesin menjadi tidak responsif. Atai jika suku cadang sensor Camsaft bermasalah, maka mesin akan susah untuk di starter.

Gangguan pada sensor dapat diketahui dari melihat kedipan pada lampu check engine di panel indikator mobil. Kedipan pada check engine ini bergantung pada sensor apa yang mengalami masalah. Ini bisa di cek dengan peralatan diagnostic tool. Biasanya sensor bermasalah bisa diakibatkan oleh tegangan listrik yang menghidupkan sensor mobil dan ECM tidak sesuai atau bisa karena kotornya sambungan listrik pada ECM, konsleting pada ECM, atau ada kerusakan pada perangkat peralatan  ECU-nya.

Apa bila sensor pada mobil  anda rusak dan butuh untuk cari spare part sensor kendaraan Honda , Mitsubishi , Suzuki ,Nissan , Isuzu , Daihatsu , Mercy, BMW, Datsun, TIMOR SEPHIA DOHC SOHC, Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX BIMANTARA CAKRA NENGGALA GRACE ARYA) DAEWOO (ESPERO NEXIA MATIZ  LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) TOYOTA (AGYA CALYA ETIOS VALCO VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA  INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE HILUX RUSH FORTUNER FORTUNER PRADO LEXUS LAND CRUISER ) , KOREA KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK SPIN OPTRA COLORADO ORLANDO  TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) segera tekan tombol telepon ataupun sms kami LIMA TIGA MOTOR.