header-baru

SEAL MOBIL BOCOR

MEMAHAMI SEAL MOBIL BOCOR DAN FUNGSINYA

Seal mobil adalah komponen onderdil penting di dalam mesin kendaraan roda empat dan roda dua. Artinya Anda akan menemukan spare part ini sebagai bagian dari dapur pacu sebuah mobil. Penting untuk memahami apakah fungsi dari seal agar kita juga tahu jika sewaktu-waktu komponen tersebut terjadi masalah rembes, bocor atau kerusakan, kita dapat bisa segera mengatasinya ataupun membawanya ke bengkel service kendaraan terdekat. Banyak macam seal diantaranya : seal klep, kaca, mesin, oli, busi, persneling, kopling, gardan, as kruk dari harga murah maupun mahal tergantung kualitas serta merknya serta untuk dipakai kendaraan merk korea Kia, Hyundai, Nissan , Chevrolet, Daihatsu , Suzuki , Honda , Isuzu , Datsun, Toyota, Timor, Mercy, BMW, Mazda, Ford , Mitsubishi

Fungsi Penting Komponen Seal mobil

Pada mesin mobil, komponen spare part seperti bearing dan gear harus memerlukan pelumasan terus-menerus agar dapat bekerja secara baik dan maksimal. Pelumasan tersebut juga diperlukan agar pengoperasian tetap halus serta tidak mudah terjadi keausan. Di sinilah fungsi seal mobil sebenarnya, yaitu untuk menjaga agar pelumas tetap berjalan pada setiap komponen-komponen mesin yang bergerak sehingga tidak terjadi yang namanya kebocoran. Seal juga bertugas agar debu maupun kotoran tidak mudah masuk ke dalam sistem.

Secara singkat, komponen seal mobil memiliki tugas untuk:

  • Menjaga oli agar tidak terjadi kebocoran pelumas/lubrikasi
  • Menjaga gardan agar debu, kotoran, dan material lainnya tidak masuk ke dalam sistem
  • Agar komponen mesin dalam mobil tidak mudah terjadi kerusakan
  • Melapisi permukaan kopling yang kurang rata
  • Menjadi pembatas busi agar cairan tidak mudah tercampur
  • Semakin fleksibel terhadap komponen as kruk yang bergerak serta tak bocor

Klasifikasi dan jenis seal mobil

Komponen Seal mobil diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

  1. Static seal
  2. Dynamic seal

Apa fungsi dari keduanya? Static seal mobil digunakan pada bagian permukaan yang tidak terjadi gerakan antara dua permukaan yang dilapisi. Contoh-contoh atau yang termasuk ke dalam klasifikasi ini seperti: gasket, liquid gasket, busi, kaca, mesin dan O-ring seal.

Sebaliknya, Dynamic seal mobil justru digunakan pada bagian permukaan yang terjadi pergerakan antara permukaan yang satu dengan yang lainnya. Contoh seals yang masuk ke dalam klasifikasi ini seperti: Duo Cone seals, Lip seals, as kruk, kopling, gardan, O-ring seals, dan packing rings.

Mungkin Anda belum terlalu paham tentang jenis-jenis onderdil seals tersebut. Misalnya saja gasket, part ini biasa dipakai pada bagian celah kecil untuk komponen mobil yang diam. Contoh komponen yang tidak terjadi pergerakan alias tetap diam yaitu cylinder head dengan block atau antara oil pan dengan block. Perlu diingat bahwa permukaan yang dipasangi seal ini haruslah permukaan yang rata, kering, tidak ada goresan, dan bersih.

Sementara itu, O-rings merupakan seal yang berbentuk lingkaran seperti cincin. O-rings ini terbuat dari material yang lunak misalnya karet synthetic dan plastik, namun bisa juga terbuat dari bahan alami. O-ring ini juga sering dipakai sebagai static seal dimana fungsinya sama dengan gasket. Untuk pemakaiannya sendiri, O-rings akan dikompres diantara 2 permukaan sebagai seal mobil. Jika sewaktu-waktu O-rings seal ini perlu dilakukan penggantian dan Anda ingin memasangnya sendiri, maka jangan lupa bahwa permukaannya haruslah yang bersih dari debu serta kotoran. Pastikan juga bahwa O-rings juga bebas dari kotoran atau material lainnya untuk mencegah terjadinya rembes kebocoran yang tak diinginkan karena jika permukaan serta O-rings seal kotor, bisa muncul goresan atau cacat yang membuat terjadinya kebocoran.

Untuk Anda pemilik kendaraan mobil, pastinya harus paham mengenai hal ini karena seal mobil korea Kia, Hyundai, Timor, Daewoo, Nissan , Chevrolet, Daihatsu , Suzuki , Datsun, Mercy, Honda , Isuzu , BMW,  Toyota, Mazda, Ford , Mitsubishi juga bisa bocor, rusak atau terjadi masalah lainnya. Dengan demikian Anda diwajibkan melakukan penggantian dengan sparepart seal mobil baru yang masih bagus serta melakukan pemasangan dengan benar. Untuk Anda yang mobilnya pernah mengalami masalah rembesan seperti itu, pastinya tahu karet seal yang dipakai pada mesin kendaraan mobil Anda, dan biasanya komponen korea tersebut harganya murah dan tidak mahal.

Share