header-baru

RADIATOR MOBIL

Cari Toko Online Jual dan Cara Merawat Radiator Mobil Agar Awet

Salah satu komponen penting yang ada pada mobil jenis mpv, suv, sedan, Hatchback, pick up, bus, city car niaga adalah onderdil radiator yang bertugas sebagai sistem pendingin suhu pada pada mesin kendaraan agar suhu terjaga untuk mesin bekerja secara optimal.  Radiator mobil tidak akan berfungsi jika tidak memiliki media air di dalamnya, yang biasanya oleh  pemilik mobil mencari lalu menambahkan radiator coolant supaya kerjanya lebih optimal tidak cepat rusak maupun buntu, yang banyak dijual di toko spare part otomotif. Karena suku cadang radiator bekerja dengan membuang panas mesin melalui media cair itu yang bersikulasi pada selang radiator di alirkan pada mesin sehingga temperatur mesin menjadi stabil dan normal. Hampir setiap merk mobil Chevrolet, Toyota, Timor, Kia, Hyundai, Mazda, Ford , Nissan , Honda , Isuzu , Daihatsu , Suzuki , Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi pasti memakai suku cadang radiator. Berbagai merk Radiator juga bermacam macam seperti : ADR, HCC, KOYORAD, FORMULA dan lain lain dapat dicari di toko jual dan tersedia pada kota kota Indonesia secara off line maupun toko online seperti kami.

Mencari toko jual serta sedia dan Memahami cara kerja radiator mobil

Cara kerja radiator mobil pada prinsipnya ialah membuang panas melalui air pendingin dari mesin yang disirkulasikan selang radiator kemudian oleh pompa air atau water pump yang berputar bersamaan dengan mesin. Pembuangan panas ini dilakukan  dengan hembusan angin dari kipas radiator. Air panas yang berasal dari mesin  masuk ke bagian atas radiator, lalu kipas radiator berputar untuk membuang panas air itu dengan hembusan angin melalui sirip-sirip pada radiator di bantu pula motor fan radiator. Inilah proses pendingan cairan itu.

Saat thermostat mesin terbuka pada temperatur yang sesuai untuk kerja mobil, cairan yang sudah didinginkan tadi masuk kembali ke mesin karena dihisap oleh alat water pump. Karena radiator merupakan komponen penting untuk menjaga suhu mobil berbagai merk Chevrolet, Toyota, Timor sephia , Kia, Korea Hyundai, Mazda, Ford , Nissan , Honda , Mercy, BMW, Datsun, Isuzu , Daihatsu , Suzuki ,  Mitsubishi, maka perawatan untuk komponen ini harus rutin dilakukan. Sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan radiator, baik bagian luar maupun dalam.

Tips mencari toko jual  radiator mobil serta merawat

Berikut cara merawat radiator mobil agar tidak cepat rusak, rembes, karat, bocor atau buntu, pada bagian luar biasanya terdapat kisi-kisi tipis yang berguna untuk menjadi jalur keluar masuknya angin. Jika kisi-kisi tersebut tersumbat kotoran, maka volume angin yang mengalir berkurang dan proses pendinginan menjadi tidak optimal. Untuk membersihkannya cukup dengan kuas halus atau dengan menyemprotkan air dengan kekuatan rendah agar tidak merusak kisi-kisi tipis itu. Juga melihat hose radiator atau selang radiator apa masih bagus dan tidak pecah. Serta tutup radiator apa masih bagus untuk menahan panas radiator.

Pada bagian dalam radiator sering terdapat karat, terutama pada radiator yang sudah berumur. Karat tersebut dapat menghambat sirkulasi pendinginan karena saluran air buntu. Karena itu pengurasan air di dalamnya sebaiknya dilakukan secara berkala, setidaknya setahun sekali. Hal ini sangat mudah dilakukan sendiri tanpa Anda harus ke montir atau mekanik bengkel service tune up mobil.

Inilah langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengantinya:

  1. Buka penutup lubang radiator di bagian atas dan juga baut tempat pembuangan radiator yang letaknya di bawah radiator. Biarkan air terbuang semua. Sebelum melakukan ini, pastikan mesin dalam keadaan dingin dan biarkan mesin hidup agar air tersisa didalam mesin terbuang semua.
  2. Setelah memastikan air radiator terbuang semua, matikan mesin dan tutup kembali baut pada bagian bawah yang tadi dibuka. Dan jika terdapat baut pada pembukaan angin, maka dibuka. Kemudian isi air radiator dengan air bersih atau campuran air coolant sampai airnya meluap dari baut pembuangan angin.
  3. Tutup kembali baut pembuangan angin dan biarkan tutup atas radiator terbuka. Nyalakan mesin agar kipas radiator berputar dan biarkan mesin tetap hidup hingga indikator temperatur menunjukan setengah.
  4. Jika air radiator terasa kurang, boleh tambahkan hingga batas maksimal. Jika sudah terasa cukup, tutup bagian atas radiator lalu selesai. Jangan lupa tabung radiator di isi pada level maximum agar sirkulasi air berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa langkah mudah mengganti air radiator untuk maintenance radiator agar tidak cepat rusak yang dapat dilakukan sendiri di rumah hampir sama cara merawatnya baik itu merk radiator HCC maupun ADR dan lain lain. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenali fungsi dan cara merawat onderdil radiator agar mesin kendaraan Anda tidak mengalami overheat.

Selain itu perhatikan pula bagian-bagian radiator seperti selang dan klemnya maupun motor fan atau kipas pendingin. Karena selang yang sudah berumur akan berkurang daya tahannya terhadap panas dan motor fan kipas yang berputar tidak normal akan membuat kerja radiator mobil menjadi sia-sia. Dan yang lebih penting lagi apabila anda mencari serta membutuhkan onderdil segala macam merk radiator mobil KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW SPORTAGE VISTO SPECTRA) HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX CAKRA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) CHEVROLET (AVEO KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER TRAX) MAZDA ( VX-1  2 BIANTE E2000 interplay LANTIS VANTREND ASTINA 626 323 CRONOS SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST LASER  LYNX  TELSTAR FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA  ( VIOS, LIMO, SOLUNA, HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER INNOVA KIJANG LAND CRUISER ALTIS  CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER ), Nissan ( GRAND LIVINA TERRANO SERENA EVALIA JUKE MARCH X-TRAIL TEANA ELGRAND NAVARA) Honda CITY ACCORD CIVIC CRV MOBILIO JAZZ BRIO FREED HRV ODYSSEY CRZ BRV) , Isuzu panther , Daihatsu SIRION GRAND MAX LUXIO TERIOS AYLA XENIA) , Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA AERIO BALENO ESTEEM ESCUDO SX4 SIDEKICK KATANA JIMNY AMENITY FORSA CROSSOVER KARIMUN CARRY SPLASH) , Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi MIRAGE PAJERO SPORT DAKAR STRADA TRITON OUTLANDER)

cukup hubungi telepon / sms kami, agar Toko online spare part mobil LIMA TIGA MOTOR SURABAYA dapat membantu anda.

Share