header-baru

IGNITION COIL MOBIL

CARI TOKO JUAL SPARE PART IGNITION COIL MOBIL DAN TANDA KERUSAKAN

Ignition coil mobil atau koil pengapian dapat ditemukan di berbagai mobil Mercy, Toyota, Chevrolet, BMW, Timor, Suzuki ,Korea Daewoo, Nissan , Kia, Daihatsu , Datsun, Ford , Honda , Korea Hyundai, Korea Hyundai, Isuzu , Mazda, Mitsubishi karena fungsinya sendiri amat penting dalam sistem kendaraan terutama sebagai pendukung agar mesin mobil dapat berjalan sempurna. Syarat agar mesin bisa hidup adalah adanya pemanasan yang dihasilkan lewat sistem pengapian dan spare part ignition coil merupakan salah satu komponen dalam sistem tersebut yang bertugas untuk menyalakan pembakaran pada busi mobil. Suku cadang  koil ini bisa mengalami kerusakan apalagi jika masa pakai telah cukup lama, jadi perlu kita selalu mengecek, mencari dan mengganti komponen coil mobil kalau ternyata sudah rusak komponennya tinggal cek daftar list harga pada toko langganan anda.

FUNGSI DAN TUGAS SUKU CADANG IGNITION COIL MOBIL

Fungsi ignition coil mobil secara umum adalah menciptakan bunga api pada busi dengan cara menaikkan tegangan listrik komponen  aki dari 12 Volt menjadi sekitar 20 ribut sampai 30 ribu Volt. Percikan bunga api inilah yang akan menghasilkan panas pada mesin bensin dan agar dapat menaikkan tegangan listrik dari aki, terdapat dua buah koil mobil, yaitu guluran primer atau primary koil dan gulungan sekunder atau secondary coil.

Koil mobil ini bisa saja rusak dan salah satu tandanya adalah ketika mesin tiba-tiba mati saat mobil sedang jalan. Ignition coil yang mengalami kerusakan dapat mengganggu performa kendaraan meskipun mobil sudah dipasangi busi yang paling bagus dan mahal sekalipun. Kalau koil rusak maka tidak dapat memercikkan bunga api, namun terkadang banyak orang yang belum tahu gejala atau tanda-tanda mesin mobil mati yang disebabkan oleh koil mobil Mercy, Toyota, Chevrolet, BMW, Timor, Suzuki ,Korea Daewoo, Nissan , Kia, Daihatsu , Datsun, Ford , Honda , Korea Hyundai, Korea Hyundai, Isuzu , Mazda, Mitsubishi yang rusak.

TANDA-TANDA SPARE PART IGNITION COIL MOBIL RUSAK

Berikut ini beberapa gejala yang bisa dilihat kalau koil mobil rusak dan harus segera diperbaiki atau diganti dengan suku cadang koil mobil baru:

  1. Bahan bakar lebih boros dari biasanya

Jika koil mobil mengalami masalah maka busi akan kekurangan pengapian sehingga membuat mesin kendaraan akan bekerja lebih keras daripada biasanya dan berakibat bahan bakar menjadi lebih boros.

  1. Mesin mobil susah dinyalakan

Ini tanda koil mobil rusak paling awal yang sering terjadi, yaitu ketika ingin start-up tapi mesin mobil susah menyala. Hal ini akan lebih buruk kalau mobil sudah lama tak dinyalakan atau saat suhu udara sedang dingin. Oleh karena itu, selain memeriksa coil mobil, juga periksa high tensions lead pada sistem pengapian.

  1. Mesin mati menyebabkan mobil mogok

Percikan api ke onderdil busi yang semakin melemah akibat gejala ignition coil mobil rusak tentu membuat mesin mobil jadi tidak stabil dan performanya berkurang. Kalau tak diperbaiki juga maka bisa membuat mesin mati dan mobil pun mogok bahkan saat mobil sedang idle.

  1. Ledakan di knalpot

Jika knalpot tiba-tiba mengeluarkan bunyi seperti ledakan, bisa jadi disebabkan koil mobil yang rusak dan membuat surplus bahan bakar ke knalpot sebagai saluran pembuangan. Asap hitam yang dikeluarkan kadang bisa tercium seperti bau solar atau bensin sehingga perlu adanya perbaikan agar tidak makin parah.

  1. Ada getaran berlebih dan kemudi tak stabil

Rupanya kerusakan koil mobil yang terjadi juga bisa berakibat pada kemudi mobil menjadi tidak stabil, selain itu juga menimbulkan getaran pada mobil saat mesin dinyalakan seperti  tersendat sendat , ndut-ndutan,  gejala mberebet atau batuk batuk. Coba perhatikan saat mesin sedang idle atau mobil melaju dalam kecepatan tinggi, apabila getaran yang dirasakan lebih dari biasanya maka bisa jadi koil mobil rusak.

Jika sudah terjadi hal-hal di atas, maka segera bawa mobil Anda ke montir bengkel service untuk segera ditangani dan dilakukan penggantian sparepart ignition coil mobil yang baru untuk merk mobil Isuzu , Daihatsu ,Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA KARIMUN CARRY SPLASH) , Honda , Mitsubishi , Datsun, TIMOR SEPHIA SOHC DOHC, Nissan ( GRAND LIVINA SERENA EVALIA JUKE MARCH X-TRAIL TEANA ELGRAND NAVARA) , Mercy, BMW, TOYOTA ( VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA HILUX INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA CALYA ETIOS VALCO PRADO LEXUS LAND CRUISER FORTUNER) , Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL TRAJET ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I20 I10 GRACE VERNA MATRIX BIMANTARA CAKRA NENGGALA GRACE ARYA GRANDEUR ) CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA OPTRA ZAFIRA CRUZE SPARK COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER LASER ECOSPORT ) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE BT- 50 SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 FAMILIA ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 TRAX ) DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i )  KOREA KIA (VISTO  CARENS CARNIVAL SEDONA PICANTO MORNING COSMO BIG UP TRAVELLO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE SPECTRA) coba cari di toko jual koil mobil yang terbaik seperti Lima Tiga Motor.   😉

Share