header-baru

GASKET MOBIL

CARI TOKO JUAL SPARE PART GASKET MOBIL DAN GEJALA KERUSAKANNYA

Gasket mobil adalah salah satu komponen onderdil mobil yang tak boleh dilupakan khususnya dalam hal pengecekan rutin oleh montir bengkel service dan juga mencari perganti untuk berbagai merk mobil Mercy, Toyota, Honda , Chevrolet, Timor, Moris, Mini cooper, Korea Daewoo, Nissan , Kia, Daihatsu , Fiat, Datsun, Ford , Korea Hyundai, Korea Hyundai, Isuzu , BMW, Mazda, Volvo , Suzuki , Mitsubishi . Gasket yang juga disebut sebagai packing ini, biasanya terletak diantara blok silinder mesin dengan kepala silinder dengan harga yang cukup terjangkau serta cukup mudah untuk mencari. Suku cadang gasket ini kalau sudah lama bisa mengalami kerusakan, rembes, bocor  atau robek dan harus segera diganti karena kalau tidak dapat menyebabkan kebocoran dimana air radiator merembes ke oli begitu juga sebaliknya. Berikut ini info penting tentang mencari gasket yang perlu Anda tahu.

APA ITU ONDERDIL GASKET MOBIL?

Agar lebih jelas, fungsi gasket mobil sebenarnya adalah sebuah penutup seperti sebuah segel antara kepala silinder dengan blok silinder dimana untuk mencegah kebocoran oli, gas, dan air pendingin. Mobil harus dipasangi suku cadang gasket agar bagian kepala dan blok silinder ini lebih rapat dan kalau tidak begitu, maka akan berakibat negatif seperti:

  • Kerusakan komponen mesin lain karena oli bercampur dengan air pendingin
  • Karena kebocoran gas membuat onderdil mesin jadi tidak bertenaga

Gasket yang berkualitas itu harus tahan terhadap tekanan tinggi dan juga panas yang disebabkan oleh proses pembakaran. Material bahan gasket mobil umumnya adalah bahan carbon sheet steel yang merupakan gabungan antara lempengan baja dan karbon. Kedua bahan ini yang membentuk gasket berguna untuk membuat gasket menjadi lebih lekat serta lentur sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran.

TANDA SUKU CADANG GASKET MOBIL RUSAK

Ada gejala umum yang bisa dipakai untuk mengetahui apakah gasket mengalami kerusakan. Tanda gasket mobil rusak adalah temperatur mesin yang naik di atas normal. Kalau sudah begini, mesin bisa saja terjadi overheat alias terlalu panas, hal lain yang dapat dijadikan tanda misalnya adalah air radiator atau cairan pendingin berkurang secara drastis bahkan sampai habis karena terbuang percuma ke onderdil tangki cadangan. Kalau tidak segera ditangani, dapat berakibat spare part radiator jebol tidak menutup kemungkinan merusak bagian komponen kendaran lainnya yang berakibat biaya perbaikan menjadi berharga mahal. Packing yang rusak contohnya seperti retak atau melenting untuk kepala silindernya dan bisa juga terbakar atau angus pada gasketnya.

Cara memeriksa serta mencari kemungkinan gasket mobil rusak adalah:

  1. Buka dengan memutar tutup radiator ketika mesin sudah dingin.
  2. Tambahkan cairan pendingin kalau dirasa kurang, tapi tak perlu menutup radiatornya dulu.
  3. Nyalakan mesin dan perhatikan pada permukaan air radiator, jika saat mesin distarter cairannya muncrat keluar itu berarti kepala silindernya mengalami kerusakan.
  4. Tanda kedua, ketika mesin hidup dan Anda menekan gas akan keluar gelembung udara bersumber dari air radiator, maka itu gejala onderdil gasket mobil rusak.
  5. Kalau radiator ditutup dan mesin dibiarkan tetap menyala, lalu tutupnya dibuka dan ada tekanan udara yang keluar itu berarti packingnya juga kemungkinan rusak.

Saat gasket rusak, maka kompresi udara yang terdapat pada ruang pembakaran masuk ke saluran pendingin diantara kepala silinder dan blok mesin sehingga kemampuan mesin akan berkurang. Selain itu, packing yang rusak juga dapat mengakibatkan oli pelumas dan cairan pendingin bercampur jadi satu dan sebaliknya. Oli yang bercampur dengan cairan pendingin ini nantinya akan berwarna putih seperti susu.

Kalau mengalami gejala atau tanda-tanda di atas, maka sebaiknya mobil segera diperiksakan agar gasket di carikan untuk diganti dengan sparepart gasket yang baru dengan berbgai variasi daftar harga packing yang bervariatif. Kalau Anda membiarkannya begitu saja maka bisa jadi mesin kepanasan sehingga mobil tidak bisa hidup, mogok, ngadat atau mandeg. Oleh karena itu, pengecekan mobil TIMOR SEPHIA SOHC DOHC, Isuzu , Daihatsu , Honda , Datsun, Nissan , Mercy, Mitsubishi ,BMW, TOYOTA (AGYA CALYA ETIOS VALCO VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA HILUX INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER PRADO LEXUS LAND CRUISER FORTUNER) , Suzuki (ERTIGA, SWIFT, APV, VITARA, KARIMUN, CARRY, SPLASH) DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL TRAJET ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I20 I10 GRACE VERNA MATRIX BIMANTARA CAKRA NENGGALA GRACE ARYA GRANDEUR ) CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE ZAFIRA CRUZE CAPTIVA OPEL BLAZER TRAILBLAZER MONTERA TAVERA OPTRA SPARK COLORADO ORLANDO SPIN) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER LASER ECOSPORT ) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE BT- 50 SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 MX-5 FAMILIA ALL NEW MAZDA 6 TRAX ) KOREA KIA (VISTO  SORENTO CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PREGIO PRIDE RIO SHUMA ALL NEW PICANTO MORNING COSMO GRAND SPORTAGE SPECTRA) secara teratur perlu dilakukan secara rutin untuk melihat kondisi komponen-komponen peralatan mobil dan tidak hanya bagian gasket saja yang perlu diperiksa. Demikian informasi penting tentang gasket mobil, semoga bermanfaat. Bila anda mencari dan membutuhkan kontak kami 53 motor.