header-baru

FAN BELT MOBIL

MENCARI FUNGSI DAN CARA MERAWAT ONDERDIL FAN BELT MOBIL

Mencari toko jual FAN BELT MOBIL ketika putus adalah kegiatan yang sangat penting karena tanpa spare part ini beberapa komponen mobil lainnya tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Suku cadang Tali ini terbuat dari suatu bahan khusus karet serta terdapat lapisan kampas di kedua permukaan sisinya. Biasanya tali tersebut berbentuk melingkar pada komponen lainnya dan dapat di cari pada setiap mobil mobil Hyundai, Mazda, Nissan , Korea Kia,  Timor, Daewoo, Ford , Honda , Isuzu , Chevrolet, Toyota , Mercy, Datsun, BMW, Suzuki ,Daihatsu Mitsubishi pasti ada alat fan belt.

FUNGSI DAN SEBAB KERUSAKAN FAN BELT MOBIL

Fungsi fan belt mobil yang utama adalah membantu memindahkan pergerakan ataupun tenaga dari berbagai macam komponen seperti onderdil poros alternator, compressor AC, waterpump dan lain sebagainya. Caranya adalah dengan penghubung antar alat tersebut dari komponen menggunakan spare part fan belt itu sendiri.

Karena itulah saat terjadi kerusakan pada suku cadang  fan belt maka kerja komponen yang pergerakannya bergantung pada spare part inipun akan terganggu atau bahkan terhenti. Tentunya hal ini akan menyebabkan dampak yang lebih jauh lagi ke mobil yang tidak bekerja dengan baik dan akhirnya ikut merusak komponen lainnya hal ini berlaku untuk semua mobil Korea Kia,  Timor, Daewoo, Hyundai, Mazda, Nissan , Ford , Honda , Isuzu , Chevrolet, Toyota , Mercy, Datsun, BMW, Suzuki ,Daihatsu Mitsubishi.

CARA MERAWAT FAN BELT AGAR TIDAK CEPAT RUSAK DAN AWET

Jumlah onderdil mobil fan belt yang digunakan pada setiap mobil berbeda-beda, bahkan ada pula yang hanya menggunakan satu buah fan belt. Dan pada saat satu-satunya fan belt tersebut rusak, maka kendaraan tidak akan bisa saling bekerja sama sekali karena terlalu banyak komponen yang digerakan oleh satu buah fan belt tersebut.

Namun ada pula mobil yang memiliki spare part fan belt lebih dari satu seperti:

  1. Untuk memutar kipas radiator serta altenator.
  2. Untuk menghubungkan suku cadang alternator, kipas radiator dan poros engkol

Bagian ini jika beltnya putus maka kipas radiator tidak akan dapat berputar sehingga menyebabkan suhu mesin akan naik. Jika alternator tidak berputar maka mobil pada akhirnya dapat mogok karena pasokan listrik yang seharusnya berasal dari alternator tidak didapatkan sehingga pasokan listrik hanya mengandalkan aki kendaraan saja. Tentunya hal ini akan membuat aki mobil bekerja extra keras dan pada akhirnya menjadi lebih cepat rusak.

  1. Untuk menghubungkan spare part kompresor AC, power steering, dan poros engkol

Dilihat dari fungsinya, jika fan belt mobil rusak maka tentunya power steering tidak dapat bekerja. Suku cadang kompresor AC yang tidak bekerja maka AC Andapun tidak dapat menjadi dingin.

Untuk mencegah onderdil mobil fan belt agar tidak cepat rusak maka sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin. Dengan demikian alat fan belt tidak akan putus secara tiba-tiba dan mobil Anda tidak akan mati di tengah perjalanan. Berikut langkah yang harus dilakukan untuk merawat spare part mobil fan belt agar tidak cepat rusak:

  1. Periksa kekencangan van belt

Tidak baik jika fan belt terlalu kendur namun tidak boleh terlalu kencang pula, karena itu kekencangannya harus pas. Jika terlalu kendur maka fan belt dapat slip dari komponen, tetapi jika terlalu kencang maka komponen yang diputar akan cepat rusak.

  1. Periksa rutin kondisi tali kipas atau van belt

Pastikan kondisi spare part fan belt selalu pada keadaan prima, tidak ada sobekan kecil sekalipun karena sobekan walaupun kecil dapat dengan cepat menjadi besar. Pastikan pula fan belt belum aus, dan segeralah diganti jika memang terjadi agar tidak mempengaruhi fungsinya.

  1. Ingat, Jangan tambahkan gemuk pada tali kipas

Ada beberapa orang yang berpikir bahwa menambahkan gemuk pada fan belt akan membuatnya bekerja lebih lancar sebagai pelicin padahal gemuk hanya akan membuat kotoran menempel lebih mudah ke fan belt sehingga cepat rusak dan menurunkan usia penggunaannya.

  1. Cari pelumas tali kipas yang khusus dan tepat sesuai kegunaannya

Seandainya van belt mobil bunyi, maka cari pelumas yang memang khusus untuk fan belt / tali kipas  sehingga tidak mengganggu fungsinya.

Apabila anda membutuhkan maupun mencari spare part fan belt mobil korea KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX CAKRA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i )CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS, LIMO, SOLUNA, INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER LAND CRUISER ), Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA KARIMUN CARRY SPLASH) Nissan ( GRAND LIVINA SERENA EVALIA JUKE MARCH X-TRAIL TEANA ELGRAND NAVARA) , Honda , Isuzu , Daihatsu ,  , Mercy, BMW, Datsun go, Mitsubishi cepat hubungi kami supaya toko 53 motor bisa menyediakannya.

Share