header-baru

EXPANSI VALVE AC MOBIL

MENCARI TOKO JUAL PERALATAN KERUSAKAN PADA EXPANSI VALVE AC MOBIL

Mencari toko jual peralatan Expansi valve AC mobil apabila ada kerusakan ac karena spare part ini merupakan komponen yang fungsinya adalah untuk menurunkan tekanan serta suhu dari zat freon refrigerant di dalam AC. Apa yang dimaksud dengan Zat refrigerant yaitu onderdil Freon yang terpompa oleh kompresor sudah berubah wujud dari gas menjadi cair. Zat cair ini memiliki tekanan serta suhu yang sangat tinggi setelah melalui proses di dalam sistem AC itu sendiri. Karena itulah zat cair ini perlu diturunkan tekanan dan suhunya serta dikembalikan wujudnya ke gas agar dapat digunakan kembali dalam sirkulasi AC. Disinilah katup suku cadang ekspansi AC mobil yang berada tepat sebelum evaporator bekerja.

JENIS, CARA KERJA DAN MENCARI KERUSAKAN EXPANSI VALVE AC MOBIL

Zat Freon cair yang telah melewati sirkulasi sitem AC dari kompresor AC, kondensor AC, dan drier AC. Kemudian cairan tersebut akan melewati saluran pipa sempit dimana expansi valve berada untuk menyemprotkan cairan tersebut supaya tekanannya menurun sehingga dapat dikabutkan ke dalam evaporator. Cairan yang sudah menurun tekanannya tersebut akhirnya akan berubah kembali menjadi gas (kabut) saat memasuki evaporator. Jumlah zat refrigerant yang dikabutkan oleh katup ekspansi ini dikendalikan oleh sensor yang berada di evaporator itu sendiri. Dengan demikian jumlah cairan yang akan dikabutkan selalu sesuai dengan kebutuhan evaporator yang standar.

Kalau kita cari ada dua macam tipe expansi valve AC mobil yang digunakan saat ini. Jenis pertama adalah yang menggunakan sensor panas sedangkan jenis kedua adalah jenis orifice tube. Untuk jenis yang menggunakan sensor panas, terdapat varian terbaru bertipe box dan biasanya digunakan oleh mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia seperti Mercy, Toyota, Honda , Mini cooper, Mazda, Daihatsu , Moris, Fiat, Datsun, Volvo , Ford , Korea Daewoo, Chevrolet, Timor, Nissan , Kia, Korea Hyundai, Suzuki , Isuzu , BMW, Mitsubishi. Untuk jenis orifice tube, katup ekspansi ini tidak memiliki sensor suhu atau pengaturan sehingga lubangnya tetap dan biasanya digunakan oleh mobil seperti opel blazer.

Meskipun sebenarnya kerusakan sangat jarang terjadi pada onderdil komponen mobil ini, ada beberapa macam kerusakan expansi valve AC mobil yang dapat terjadi, yaitu:

  1. Spare part sensor yang lepas secara tidak sengaja dari dudukannya, yang mengakibatkan fungsi katup ekspansi dalam bekerja menjadi tidak normal dalam mendinginkan cairan Freon.
  2. Lubang pada katup expansi yang berguna untuk menyemprotkan zat Freon sudah renggang yang mengakibatkan jumlah zat refrigerant yang dikabutkan menjadi terlalu berlebihan. Hal ini akan berakibat tekanan pada spare part evaporator menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya, sehingga kemampuan pendinginan dari AC kendaraan menjadi menurun. Jika ini terjadi sebaiknya segera ganti expansi valve dengan yang baru pada mekanik atau montir bengkel service ac.
  3. Terjadi kebocoran di onderdil pipa sensor pada expansi valve yang mengakibatkan sensor tersebut tidak dapat bekerja dengan baik. Dengan demikian jumlah zat Freon yang dikabutkan menjadi lebih sedikit dari yang seharusnya. Hal ini juga mengakibatkan tekanan pada suku cadang evaporator menjadi terlalu rendah, sehingga kemampuan pendinginan dari AC menjadi menurun. Jika ini terjadi sebaiknya segera ganti expansi valve dengan yang baru pada mekanik atau montir bengkel service ac.
  4. Terjadi penyumbatan pada lubang expansi valve sehingga zat refrigerant yang seharusnya dikabutkan menjadi terhambat dan zat Freon yang berhasil dikabutkan lebih sedikit dari yang seharusnya. Selain membuat kemampuan pendinginan dari AC kendaraan menjadi menurun, namun hal ini juga dapat mengakibatkan timbulnya frozen atau bunga es di pipa cairan Freon sebelum memasuki onderdil Jika ini terjadi sebaiknya segera mekanik maupun montir ac suruh bersihkan katup ekspansi dari penyumbatan tersebut apabila masih terjadi penyumbatan terpaksa anda membeli ke toko ac atas anjuran tenaga mekanik atau montir bengkel service ac .

Untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan pada expansi valve AC mobil Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL TRAJET ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I20 I10 GRACE VERNA MATRIX BIMANTARA CAKRA NENGGALA ARYA GRANDEUR ) CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA ZAFIRA OPEL BLAZER TRAILBLAZER MONTERA OPTRA CRUZE TAVERA  SPARK COLORADO ORLANDO SPIN) Isuzu panther , Daihatsu SIRION GRAND MAX LUXIO TERIOS AYLA XENIA ), Mitsubishi ( MIRAGE PAJERO SPORT DAKAR STRADA TRITON OUTLANDER), Datsun, Mercy, BMW, TOYOTA (AGYA CALYA ETIOS KIJANG VALCO VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA HILUX ALTIS INNOVA CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER PRADO LEXUS LAND CRUISER FORTUNER) , Honda ( CITY ACCORD CIVIC CRV MOBILIO JAZZ BRIO FREED HRV ODYSSEY CRZ BRV) , Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA KARIMUN CARRY SPLASH) DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) Nissan (SERENA EVALIA ELGRAND  JUKE MARCH X-TRAIL TEANA GRAND LIVINA NAVARA) ,TIMOR SEPHIA SOHC DOHC, FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER LASER ECOSPORT ) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE BT- 50 SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 MX-5 FAMILIA ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV ) KOREA KIA (VISTO  SORENTO CARENS CARNIVAL SPORTAGE SEDONA PICANTO MORNING COSMO BIG UP TRAVELLO PREGIO PRIDE RIO SHUMA ALL NEW GRAND SPECTRA).  Anda dapat melihat dari kerja AC mobil itu sendiri. Jika terdapat masalah, bisa jadi terdapat kerusakan pada komponen ini konsultasikan pada mekanik atau montir bengkel service ac.

Share