header-baru

ENGINE MOUNTING MOBIL

MENCARI TOKO JUAL ENGINE MOUNTING MOBIL / DUDUKAN KENDARAAN

Engine mounting mobil atau disebut juga onderdil dudukan mobil adalah komponen penting yang berfungsi sebagai peredam getaran pada casis atau rangka sehingga penumpang dapat lebih nyaman dalam berkendara berbagai merek mobil Hyundai, Mazda, Nissan , Korea Kia,  Timor, Daewoo, Ford , Honda , Isuzu , Chevrolet, Toyota , Mercy, Datsun, BMW, Suzuki ,Daihatsu Mitsubishi. Umumnya spare part dudukan mesin ini terbuat dari bahan seperti karet yang elastis dan besi fungsinya agar getaran yang bersumber pada mesin akan direduksi atau diserap oleh engine mounting ini agar tidak merambat seratus persen sampai ke rangka dan membuat bodi mobil tetap anteng. Suku cadang komponen ini pun juga dapat mengalami kerusakan dan apabila karetnya sudah keras, getas, rusak sebaiknya ganti dengan yang baru agar perjalanan Anda dengan mobil tetap nyaman.

CARI INFORMASI TENTANG ENGINE MOUNTING ATAU DUDUKAN KENDARAAN

Biasanya pada sebuah mobil bisa terdapat dua hingga empat buah onderdil engine mounting mobil. Dudukan ini terbuat dari karet yang dilapisi oleh besi, untuk mobil berpenggerak roda belakang umumnya memiliki dua buah engine mounting, contohnya seperti pada mobil merek Terios, Ertiga, Avanza, Carry, Kijang, T120SS, dsb. Sebaliknya untuk mobil berpenggerak roda depan seperti jazz, camry, freed, altiz, innova, yaris, vios terdapat tiga suku cadang dudukan mobil ditambah dudukan transmisi atau trans mounting.

Untuk mobil berpenggerak roda belakang yang terpasang dua engine mobil, umumnya terdapat pada bagian bawah kanan serta kiri mesin. Lalu untuk mobil berpenggerak roda depan dengan 4 spare part engine mounting, yaitu di bagian samping kiri dan kanan mesin serta depan maupun belakang.

GEJALA ENGINE MOUNTING ATAU RUBBER MOUNTING RUSAK

Penyebab utama dan paling umum kenapa onderdil engine mounting bisa rusak adalah karena umur pemakaian. Kalau kendaraan sudah dipakai lama, biasanya akan terdapat retakan-retakan pada spare part karet engine mounting dan kalau tidak diganti dengan spare part engine mounting baru, maka lama-kelamaan bisa sobek. Untuk mereka yang paham tentang mobile Hyundai, Mazda, Nissan , Korea Kia,  Timor, Daewoo, Ford , Honda , Isuzu , Suzuki ,Daihatsu,  Chevrolet, Toyota , Mercy, Datsun, BMW, Mitsubishi.  tahu betul mengenai masalah ini, tapi untuk orang awam yang tidak tahu akan susah untuk mengenali gejala suku cadang rubber mounting rusak dan dibiarkan begitu saja karena yang penting mobil masih bisa maupun dapat berjalan.

Berikut ini gejala engine mounting rusak:

  1. Saat mobil dinyalakan pertama kali akan terdengar bunyi aneh seperti gluduk-gluduk glodak glodak seakan ada hentakan pada bagian dalam mesin
  2. Ketika mobil melaju di jalanan yang rusak atau berlubang akan terdengar bunyi gluduk-gluduk di bagian mesin mobil ditambah dengan adanya getaran glodak glodak.
  3. Coba diperhatikan dengan lebih teliti saat mesin hidup, getaran serta goyangannya akan lebih keras daripada biasanya akibat rubber mounting tidak bekerja sebagaimana mestinya .
  4. Ketika perpindahan gigi dan saat melepaskan koplingnya, muncul bunyi dag dig dug-dug disertai sedikit hentakan atau goyangan.
  5. Kalau dudukan mobil sudah rusak parah, maka akan terasa jelas saat melepaskan gas akan ada getaran disertai bunyi pada mesin seperti dag dag dig dig dug-dug.

Jika mobil dirasa terdapat gejala-gejala tersebut di atas, maka sudah sebaiknya segera diperiksakan ke bengkel service resmi atau umum untuk dilihat apakah engine mountain rusak atau tidak, karetnya robek atau tidak, dsb. Untuk mencari harga engine mounting mobil sendiri bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah, tentunya tergantung merek dan jenis mobil juga kualitas sparepart rubber mounting yang ada, tapi rata-rata daftar list harga berkisar mulai dari 100 ribu sampai dengan 700 ribu rupiah.

TIPS MENJAGA DUDUKAN MOBIL AGAR AWET

Agar engine mounting tetap awet perhatikan cara perawatan berikut ini:

  • Jangan memakai kendaraan terlalu sering di jalan off roadl karena bisa membuat komponen onderdil mesin berguncang agak keras kecuali memang mobil dipakai khusus untuk off road.
  • Kalau ada kebocoran dan suku cadang dudukan mesin terkena oli, cepat segera perbaiki agar karet tidak cepat melar dan rapuh.
  • Sama seperti sebelumnya, kalau terjadi kebocoran bahan bakar, segera diperbaiki karena bila spare part engine mounting kena maka karet bisa cepat rapuh.

Itulah cara-cara sederhana tentang tips menjaga onderdil engine mounting mobil mobil korea KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX CAKRA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i )CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS, LIMO, SOLUNA, INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER LAND CRUISER ), Nissan ( GRAND LIVINA SERENA EVALIA JUKE MARCH X-TRAIL TEANA ELGRAND NAVARA), Honda , Isuzu , Daihatsu , Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA KARIMUN CARRY SPLASH), Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi agar tetap awet, apabila ada kerusakan dan anda mau mencari untuk membeli jangan lupa telepon atau sms toko kami Lima Tiga Motor Surabaya. Semoga bermanfaat.