header-baru

CV JOINT MOBIL

MENCARI TOKO JUAL CV JOINT MOBIL DAN PENYEBAB RUSAKNYA

CV Joint mobil atau yang juga lebih dikenal sebagai spare part AS roda atau As Kokle atau AS Kopel mobil berfungsi sebagai penggerak mobil dimana komponen ini dihubungkan dengan baik sistem pengereman serta mesin. Jadi pada saat mobil direm, gerakan roda akan dihentikan oleh sistem pengereman yang dihubungkan oleh mekanisme dari suku cadang AS roda tersebut. Sebegitu pentingnya mencari toko jual onderdil CV joint (Constant Velocity Joint) ini sehingga perlu diperhatikan betul-betul apabila terjadi kerusakan baik itu as roda dalam maupun as roda luar. Berikut informasi penting tentang onderdil AS roda seperti gejala atau tanda-tanda kerusakan pada umumnya baik cv joint outer maupun cv joint inner untuk segala merek mobil seperti Hyundai, Mazda, Nissan , Timor, Chevrolet, Toyota, Korea Kia, Daewoo, Ford , Honda , Isuzu , Suzuki ,Daihatsu , Mercy, Datsun, BMW, Mitsubishi.

CARI MACAM CV JOINT MOBIL ATAU AS RODA

Ada 2 jenis CV joint mobil, yaitu:

  • CV joint inner atau AS roda dalam
  • CV Joint outer atau AS roda luar

Komponen onderdil mobil ini bisa berisiko untuk rusak, salah satu gejala umum untuk mengetahui apabila as roda ini bermasalah adalah terdengar bunyi aneh apalagi kalau dibuat untuk belok. Meski sebetulnya ada bisa banyak alasan kenapa bunyi ban atau roda bagian depan khususnya berbunyi aneh, onderdil CV joint yang mengalami kerusakan dapat menjadi salah satu faktor penyebabnya. Ini berlaku hampir semua merk mobil seperti : KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX CAKRA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i )CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS, LIMO, SOLUNA, INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER LAND CRUISER ), Nissan , Honda , Isuzu , Daihatsu , Suzuki , Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi.

Kerusakan pada beberapa komponen spare part joint, misalnya ball joint, joint stabiliser, long tie rod, bush stabiliser, tie rod end, cv joint, dan lainnya dapat membuat ban depan berbunyi. Selain itu, penyebab lain misalnya ada kerikil yang masuk ke dalam suku cadang disc brake rem depan, disc brake dan kampas rem yang tidak rata, hal-hal tersebut juga dapat membuat roda depan berbunyi aneh.

Kalau tidak mau dibingungkan, Anda bisa membawanya ke mekanik bengkel service mobil terdekat maupun mencari toko jual onderdil mobil 53 motor. Tapi sebelumnya pelajari dulu gejala CV joint mobil rusak berikut ini:

  • Ketika berbelok, roda depan bunyi

Apabila saat berkendara dan mobil berbelok lalu terdengar bunyi aneh seperti tek-tek-tek atau tak-tak-tak, entah pada bagian roda depan sebelah kiri atau kanan dan entah sedang berbelok maju atau mundur, maka bisa jadi as roda mobil mengalami kerusakan. Roda yang berbunyi terutama ketika berbelok umum ditemukan pada mobil atau kendaraan yang memakai penggerak roda depan dimana CV joint/as roda atau dikenal juga sebagai drive shaft ada kerusakan. Bunyinya bervariasi tergantung tingkat kerusakan, maksudnya bisa keras atau pelan dan bisa saja hanya terdengar saat mobil berbelok saja ataupun saat kendaraan bergerak maju atau mundur. Bahkan ada juga mobil yang mengalami kerusakan as roda, bunyinya baru keluar ketika sedang menanjak saja baru bisa dicari asal bunyinya.

  • Setir terasa keluar dan mobil nyendat

Gejala onderdil CV joint mobil rusak juga dapat diindetifikasi ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi kemudian berbelok, setir terasa membuang keluar atau tiap kali lepas pedal kopling maka mobil seakan terasa tertahan atau nyendat.

MENCARI PENYEBAB SPARE PART CV JOINT MOBIL RUSAK

Penyebab paling umum adalah karena faktor usia mobil, kalau memang sudah lama dipakai dan memang waktunya diganti, maka gantilah dengan sparepart CV joint mobil yang baru. Tapi pilihlah yang berkualitas, karena tak jarang baru diganti baru tapi sudah perlu ganti lagi. Penyebab lainnya adalah boot CV joint yang rusak yang mengakibatkan pelumas keluar saat roda mobil berputar. Hal ini lama-kelamaan membuat komponen as roda kurang pelumasan atau grease di dalamnya sudah habis dan menjadi kering sehingga berisiko cacat dan menimbulkan bunyi. Hal lain seperti air yang masuk ke dalam karet boot joint juga bisa terjadi.

Untuk melihat apakah boot as roda rusak, sebetulnya bisa dicari maupun dideteksi lebih awal dengan memeriksa apakah ada tanda-tanda keretakan pada bagian karet boot. Kalau terdapat tanda keretakan, maka sebaiknya segera ganti suku cadang  CV joint mobil Anda dengan yang baru, jangan lupa untuk hubungi telepon kami.

Share