header-baru

BOOT MOBIL

MENCARI TOKO JUAL ONDERDIL KARET BOOT MOBIL

Boot mobil merupakan komponen spare part yang terbuat dari karet dan banyak terdapat di dalam mobil segala merk seperti Mercy, Toyota, Honda , Mini cooper, Mazda, Ford , Korea Hyundai, Suzuki , Isuzu , Moris, Fiat, Datsun, Volvo , Korea Daewoo, Chevrolet, Timor, Nissan , Kia, Daihatsu ,  BMW, Mitsubishi. Keberadaan karet boot ini sendiri sangat penting karena fungsinya yang bekerja untuk melindungi komponen lain yang melekat di sekitarnya. Karena itulah kondisi onderdil boot tersebut harus selalu dijaga agar tetap dalam keadaan baik dan tidak robek. Biasanya dipakai untuk suku cadang boot as roda, boot shock breaker, boot long tie rod dan lain sebagainya.

CARA MENGECEK KERUSAKAN PADA KARET BOOT MOBIL

Mencari komponen ini terdapat di 3 lokasi di dalam mobil, yaitu di rack kemudi yang berfungsi untuk melindungi long tie rod, dan pada kedua as roda mobil baik di bagian dalam serta luar untuk melindungi kedua komponen tersebut. Untuk boot yang berfungsi untuk melindungi long tie rod karetnya tidak ikut bergerak mengikuti perputaran, dengan demikian panas yang timbul tidak akan terlalu tinggi. Karena itulah karet boot yang berada pada lokasi ini biasanya lebih awet dibandingkan dengan boot yang berada pada dua lokasi lainnya.

Untuk karet boot yang berada pada kedua as roda mobil, biasanya dapat ditemukan di mobil yang memiliki sistem penggerak menggunakan roda depan. Kedua as roda mobil tersebut berfungsi untuk menggerakkan atau drive shaft. Dengan demikian as roda akan menerima tekanan besar yang disebabkan oleh perputaran komponen saat menjalankan fungsinya untuk menyalurkan tenaga.

Rangkaian pada drive shaft tersebut juga disebut dengan onderdil cv joint yang terdiri dari shaft, beberapa komponen joint dan karet boot itu sendiri sebagai pelindung. Agar tidak cepat panas dan rusak, biasanya joint akan dilapisi dengan menggunakan gemuk. Karena itulah boot mobil pada as roda ini juga berfungsi untuk menjaga agar gemuk tersebut tetap berada di bagian joint dan tidak mengalir ke bagian roda yang lain atau bahkan menembus ke dalam mesin.

Namun jika terjadi robek atau lubang pada karet boot, maka mau tidak mau gemuk akan mengalir ke mana-mana. Hal ini akan menyebabkan onderdil cv joint menjadi tidak memiliki pelumas lagi. Jika dibiarkan, maka dapat menyebabkan kerusakan pada cv joint itu sendiri yang tentunya akan jauh lebih mahal untuk diperbaiki maka mau tidak mau anda harus mencari toko yang jual spare part tersebut.

Karena itulah, akan lebih baik jika Anda dapat mendeteksi adanya lubang pada karet boot mobil. Perhatikan apakah ada masalah di bagian as mobil serta drive shaft untuk memastikan kondisinya masih baik. Jika terjadi kerusakan pada karet as luar, maka biasanya akan timbul cipratan oleh gemuk di roda dan petek. Jika terjadi kerusakan pada karet as dalam maka biasanya akan timbul cipratan oleh gemuk di mesin bagian bawah dan di area transmisi.

Perhatikan pula karet pada rack stering serta semua komponen lainnya. Cari serta perhatikan apakah cairan yang ada di sekitar boot adalah cairan gemuk atau bukan. Dengan demikian Anda bisa memastikan apakah ada kebocoran atau tidak. Biasanya jika terjadi kebocoran, maka cairan gemuk akan menetes ke lantai, jadi segera periksa komponen jika hal tersebut terjadi.

Kerusakan pada karet boot mobil dapat disebabkan oleh berbagai hal, yaitu:

  1. Karet yang sudah tua dan lewat masa pakainya sehingga kekenyalannya sudah jauh berkurang.
  2. Karet robek karena benang laying-layang yang melekat di bawahnya.
  3. Tersayatnya karet boot oleh karena benturan dengan benda keras atau saat mobil melintas diatas genangan dan polisi duduk.

Jika terjadi kerusakan pada spare part boot mobil merk Isuzu , Daihatsu ,  Mercy, BMW, Korea HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL TRAJET ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ H 1 I20 I10 GRACE VERNA MATRIX SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE BIMANTARA CAKRA NENGGALA ARYA GRANDEUR ) TOYOTA (AGYA CALYA ETIOS KIJANG VALCO VIOS NAV 1 LIMO SOLUNA HILUX ALTIS INNOVA HIACE CAMRY AVANZA VELOZ YARIS RUSH FORTUNER PRADO LEXUS LAND CRUISER FORTUNER) , Honda , Mitsubishi , Datsun, Suzuki (ERTIGA SWIFT APV VITARA KARIMUN CARRY SPLASH)  CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA ZAFIRA OPEL BLAZER TRAILBLAZER MONTERA OPTRA CRUZE TAVERA  SPARK COLORADO ORLANDO SPIN) Nissan (SERENA EVALIA ELGRAND  JUKE MARCH X-TRAIL TEANA GRAND LIVINA NAVARA) ,DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i ) TIMOR SEPHIA SOHC DOHC, FORD ( FIESTA LASER ECOSPORT EVEREST FOCUS RANGER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE BT- 50 SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 MX-5 FAMILIA ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV ) KOREA KIA (VISTO  SORENTO COSMO BIG UP TRAVELLO CARENS CARNIVAL SPORTAGE SEDONA PICANTO MORNING PREGIO PRIDE RIO SHUMA ALL NEW GRAND SPECTRA)  maka segera cari dan ganti karet tersebut karena memang komponen ini tidak dapat diperbaiki. Proses penggantiannya juga lebih baik dilakukan oleh montir maupun mekani bengkel service karena memang caranya yang cukup rumit berkaitan dengan onderdil mobil lainnya.