header-baru

BEARING MOBIL

MENCARI TOKO JUAL BEARING MOBIL PADA RODA DAN CARA PERAWATANNYA

Bearing mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang tidak boleh luput dari perhatian pemilik kendaraan karena apabila bagian onderdil ini rusak, tidak akan bisa kendaraan berfungsi lagi secara maksimal dan pemilik mobil wajib mencarinya. Spare part Bearing roda mobil ini bisa saja setelah kendaraan dipakai beberapa lama mengalami aus atau kerusakan, di saat seperti itu pemilik mobil harus cepat-cepat mengeceknya dan kalau diperlukan, cari dan segera mengganti bagian tersebut. Berikut ini informasi tentang fungsi suku cadang bearing segala mobil Korea Timor, Chevrolet, Toyota, Kia, Daewoo, Hyundai, Mazda, Nissan , Ford , Honda , Isuzu , Suzuki ,Daihatsu , Mercy, Datsun, BMW, Mitsubishi beserta cara mengecek kerusakan maupun perawatannya.

FUNGSI BEARING MOBIL

Fungsi bearing mobil atau laher roda ini fungsinya adalah sebagai bantalan roda agar roda tersebut dapat berputar, selain itu bearing bermanfaat juga supaya poros ban tidak bergesekan secara langsung ke rumah laker roda. Desainnya sendiri sebisa mungkin dibuat minim friksi agar kestabilan roda saat berputar tetap terjaga. Intinya bearing roda mobil tersebut dibuat agar mengurangi gesekan yang terjadi saat roda berputar, agar kendaraan pun dapat berjalan dengan lancar. Meski bagian komponen bearing tersebut berukuran kecil, namun fungsi onderdil mobil ini janganlah diremehkan dan sering orang cari. Selain itu, bagian ini juga harus dirawat baik-baik agar tetap awet dan terjaga, apalagi jika dibiarkan sampai berkarat begitu saja. Jika komponen ini sudah rusak berat, maka akan lebih baik mencari serta menggantinya dengan spare part bearing mobil yang baru.

CARA MENGETAHUI KERUSAKAN PADA SUKU CADANG BEARING MOBIL

Apabila bearing roda ini mengalami kerusakan, maka bisa dideteksi dengan cara:

  1. Adanya suara gemuruh pada bagian roda kendaraan

Akan terdengar suara gemuruh apalagi jika mobil berjalan dengan kecepatan tinggi akan makin terdengar suara berisik. Umumnya laher roda bagian depanlah yang mengalami masalah sebab udara yang masuk ke dalam kabin mobil ketika melaju 40 sampai dengan 50 km per jam.

  1. Didongkrak

Cara kedua adalah dengan mendongkrak mobil tersebut kemudian putarlah dengan tangan dan ketika roda sudah berputar, peganglah bagian onderdil lower arm atau suku cadang shock breaker kemudian rasakan. Apabila terdapat getaran ketika dipegang dan dirasakan ataupun terjadi gesekan logam sebab tidak diberi pelumas, bisa jadi onderdil bearing mobil rusak.

  1. Roda yang oblak

Cara terakhir dalah dengan merasakan apakah ban roda terasa oblak ketika dipegang. Tentunya pertama-tama Anda perlu mendongkrak mobil kemudian pegang dengan tangan bagian atas dan bagian bawah ban lalu gerakkan tangan Anda. Suku cadang laher roda mobil tersebut bisa dipastikan rusak apabila terasa gerakan ada yang tidak wajar alias oblak.

Perlu diketahui bahwa bunyi berdengung juga dapat disebabkan oleh ban mobil yang aus atau benjol. Jadi sebaiknya cek untuk memastikan hal tersebut. Akibat bearing mobil rusak dapat menyebabkan kendaraan menjadi tidak nyaman untuk dikendarai, apalagi bisa menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, segeralah diganti komponennya dengan yang baru, Anda bisa melakukannya di bengkel service dengan membeli keperluan laher di toko spare part mobil dengan variasi merk bermacam macam seperti koyo, nsk, lks, fag, ntn, skf, timken dan lain lain tergantung kebutuhan akan suku cadang tersebut.

CARA MERAWAT BEARING MOBIL AGAR AWET

Agar bearing roda / laker roda mobil tidak mudah rusak, maka berikut ini tipsnya:

  • Jangan suka ngebut di jalanan rusak atau jelek karena lambat laun bisa menyebabkan bearing rusak.
  • Lakukanlah cek bearing mobil secara berkala agar bearing itu dapat dibersihkan dari berbagai macam kotoran sehingga memiliki masa pakai yang cukup lama.
  • Setelah bearing, ada beberapa mobil yang bearingnya bisa disetel kekencangannya seperti misal mobil Isuzu Panther.

Itulah beberapa cara merawat bearing mobil agar tetap terjaga dan masa pakainya lama. Hal ini diperlukan untuk menjaga bagian kaki-kaki mobil tetap terawatt dan awet. Lakukan perawatan tersebut secara teratur dan bila sudah rusak gantilah dengan bearing mobil yang baru, dengan menghubungi kami toko spare part LIMA TIGA MOTOR di SURABAYA, untuk mencari onderdil bearing kendaraan KIA (CARENS CARNIVAL SEDONA BIG UP TRAVELLO PICANTO MORNING COSMO PREGIO PRIDE RIO SHUMA SORENTO ALL NEW GRAND SPORTAGE VISTO SPECTRA) HYUNDAI (GRAND AVEGA ATOZ 1.1 EXCEL ACCENT ALL NEW TUCSON GETZ TRAJET SANTA FE SONATA ELANTRA COUPE H 1 I10 I20 GRACE GRANDEUR VERNA MATRIX CAKRA GRACE ARYA) TIMOR SEPHIA DOHC SOHC DAEWOO (NEXIA MATIZ ESPERO LANOS LEGANZA TACUMA 2000i )CHEVROLET (AVEO TRAX  KALOS LOVA ESTATE CAPTIVA OPEL BLAZER MONTERA TAVERA ZAFIRA CRUZE SPARK OPTRA COLORADO ORLANDO SPIN TRAILBLAZER) MAZDA ( VX-1 2 BIANTE SKYACTIV CX-5 CX-7 CX-9 8 ALL NEW MAZDA 6 SKYACTIV MX-5 FAMILIA BT-50 TRAX ) FORD ( FIESTA EVEREST FOCUS RANGER ECOSPORT ) TOYOTA ( VIOS, LIMO, SOLUNA, INNOVA KIJANG ALTIS CAMRY AVANZA VELOZ YARIS HIACE RUSH FORTUNER AGYA FORTUNER LAND CRUISER ), Nissan , Honda , Isuzu , Daihatsu , Suzuki , Mercy, BMW, Datsun, Mitsubishi.