header-baru

BEARING KOMPRESOR AC MOBIL

MENCARI TOKO JUAL  BEARING KOMPRESOR AC MOBIL

Cari fungsi Bearing Kompresor AC Mobil sebenarnya merupakan komponen ac yang tidak hanya berhubungan dengan onderdil kompresor namun juga berhubungan langsung dengan spare part pully ac mobil. Komponen onderdil ac ini sebenarnya terletak di dalam pully yang merupakan bagian dari magnetic clutch. Namun alat bearing juga bersinggungan secara langsung dengan head dari kompresor. Karena itulah spare part komponen ini lebih dikenal dengan nama bearing kompresor meskipun sebenarnya lebih merupakan bagian dari suku cadang magnetic clutch ac.

CARA KERJA DAN MENCARI SEBAB KERUSAKAN BEARING KOMPRESOR AC MOBIL

Karena bearing menempel dengan head kompresor ac yang berputar sesuai dengan perputaran mesin mobil, maka pully juga akan ikut berputar sesuai dengan perputaran head kompresor tersebut. Di dalam pully sesungguhnya terdapat semacam puritan untuk meletakkan onderdil v-belt yang menghubungkan mesin mobil dengan head kompresor sehingga keduanya dapat berputar secara bersamaan. Karena itulah jika terjadi masalah pada bearing pully ini, maka akan terjadi masalah juga pada kerusakan onderdil kompresor AC mobil.

Masalah yang biasanya terjadi pada kompresor AC mobil yang berhubungan dengan spare part ac bearing kompresor mobil dapat dideteksi saat adanya suara berisik dari kompresor yang berada di bagian kap mesin. Biasanya suara tersebut hanya terdengar saat Anda menghidupkan AC mobil namun saat AC tersebut dimatikan maka suara berisik tersebut tidak akan terdengar lagi. Memang ada banyak hal yang dapat menyebabkan suara berisik pada kompresor tersebut seperti berkurangnya oli oleh kebocoran, terjadinya keasusan pada silinder piston atau piston itu sendiri, serta berkurangnya Freon. Namun ada pula masalah yang disebabkan karena posisi bearing yang terlalu longgar, sehingga menimbulkan suara berisik tersebut.

Biasanya jika masalah tersebut terjadi karena posisi bearing yang terlalu longgar maka sebelum terjadi masalah tersebut Anda pernah melakukan pembongkaran pada kompresor mobil. Namun pada saat pemasangan kembali, posisinya tidak benar sehingga terjadi kelonggaran pada onderdil ac bearing kompresor mobil tersebut. Inilah yang menyebabkan terjadinya bunyi berisik yang disebabkan karena bearing AC mobil. Karena itulah jika Anda melakukan pembongkaran pada kompresor, harus dipastikan bahwa posisinya sudah benar agar tidak terjadi kelonggaran bearing ac kendaraan yang menyebabkan masalah kedepannya.

Posisi yang benar untuk meletakkan kompresor adalah sejajar dengan mesin mobil karena keduanya harus berputar secara bersamaan. Anda dapat memastikan pully ac yang menjadi tempat bearing ac tadi sejajar dengan pully dari mesin mobil. Dengan demikian v-belt yang menghubungkan keduanya juga akan berputar dengan baik sehingga tidak terjadi masalah.

Jika spare part bearing ac kendaraan terus dibiarkan dalam keadaan longgar, maka pully ac lama kelamaan akan menjadi panas bahkan dapat mengakibatkan konsleting. Karena itulah jangan menunda jika terjadi suara berisik di kompresor mobil harus segera diketahui apakah masalah tersebut berasal dari bearing atau karena penyebab lainnya. Sayangnya kebanyakan pemilik mobil sering tidak menghiraukan hal ini, hingga AC atau kompresor benar-benar rusak dan tidak dapat bekerja. Padahal Anda dapat menghemat biaya perbaikan service ac mobil jauh lebih banyak jika masalahnya sudah dicari serta terdeteksi sedini mungkin oleh mekanik bengkel ac atau montir ac mobil.

Bearing juga dapat rusak disebabkan oleh korosi akibat terendam banjir atau genangan air yang cukup tinggi. Jika memang terjadi korosi maka, suara berisik yang ada pada kompresor akan terus terdengar pada saat AC menyala maupun mati. Jika hal ini yang terjadi, maka segera ganti onderdil bearing kompresor AC mobil yang rusak tersebut dengan yang baru maka cepat cari spare part tersebut di toko onderdil. Jika dibiarkan terus maka korosi tersebut akan menyebabkan head rusak yang juga menyebabkan kerusakan pada kompresor itu sendiri. Jangan lupa untuk mencuci bagian mesin yang terendam banjir atau genangan air yang tinggi kemudian keringkan untuk menghindari korosi lebih parah.

Share