header-baru

ONDERDIL TOYOTA VIOS

Mobil Toyota Vios dari Generasi 1 Hingga ke-2
Pada tahun 2002, populasi sedan semakin meningkat dan salah satu yang menjadi pilihan banyak orang adalah mobil Toyota Vios. Vios sendiri merupakan satu dari banyak mobil yang memiliki pabrik perakitan di Indonesia, tepatnya di Karawang. Kali ini kita akan membahas Vios generasi 1 dan 2, dimana generasi satu dimulai tahun 2002 hingga 2007 dan generasi kedua dari 2007 hingga 2013.

Sedikit Ulasan Mengenai Mobil Toyota Vios dari Tahun 2002 Hingga Tahun 2007
Mengenai Generasi Toyota Vios
Toyota Vios pertama kali muncul di dunia pada tahun 2002 dan terus berlanjut bertempur di pasar mobil sedan selama 5 tahun. Nama dari proyek Vios ini adalah NCP42 dan pertama kali dibangun di pabrik milik Toyota di Thailand yang merupakan bagian dari kerjasama antara insinyur-insinyur dari Thailand dengan desainer dari Toyota Jepang. Pada masa ini, belum ada mobil Toyota Vios yang dirakit di Indonesia.
Selepas 2007 hingga tahun 2013, Vios memasuki generasi kedua dan kali ini sudah ada pabrikan yang terletak di Karawang. Vios generasi 2 ini sendiri sebenarnya merupakan penggantian merk dari Toyota Belta atau yang di Indonesia dikenal dengan Limo yang biasa digunakan sebagai kendaraan taksi.

Onderdil Mesin yang Digunakan Oleh Vios
Onderdil Mesin Vios yang dipakaikan pada mobil Toyota Vios generasi pertama untuk pasar ASEAN kecuali Filipina adalah mesin 1NZ-FE yang menggunakan VVT-i dan memiliki kapasitas sebesar 1,5 liter, dimana mesin ini akan bisa mencapai kekuatan maksimum dengan transmisi manual 5 kecepatan maupun otomatis 4 kecepatan. Generasi kedua dari Vios diluncurkan di Indonesia pada bulan April 2007 dan memiliki 2 jenis trim yaitu E yang hanya memberi opsi transmisi manual dan G yang menambahkan opsi otomatis.

Desain Eksterior Vios
Mobil biasanya juga berfungsi sebagai penyegar mata, karena itu penting untuk melihat desain eksterior mobil Toyota Vios. Seluruh generasi dari Toyota Vios merupakan sedan yang memiliki 4 pintu dan menggunakan layout FF. Untuk generasi pertama, basis utamanya adalah Toyota Platz dengan sedikit modifikasi pada bagian onderdil bumper depan, lampu headlight, dan lampu ekor dimana semuanya kini tampak lebih segar.
Eksterior Toyota Vios generasi kedua memiliki headlight yang lebih tajam jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dan lagi, versi Indonesia agak berbeda dengan Vios yang ada di negara lain, dimana perbedaan ini terlihat jelas pada bagian spare part grille yang membentuk ornamen huruf V. Sangat disayangkan ketika perubahan facelift, fitur khas pada Vios versi produk Indonesia tersebut dihilangkan dan membuatnya seperti Vios dari negara-negara lain pada umumnya.

Mengintip ke Dalam Mobil Toyota Vios
Desain interior mobil Toyota Vios generasi pertama tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan Toyota Platz hanya ada perubahan speedometer dan trim pada bagian dalam. Generasi kedua-lah yang mendapatkan pujian dari banyak pihak. Speedometer kini ada di bagian tengah, tidak lagi di depan stir, dan bentuk dasbor sendiri kini terlihat motif huruf T. Kedua generasi dari mobil ini mampu mengangkut hingga 5 penumpang.

Harga bekas dari Toyota Vios
Harga bekas mobil Toyota Vios berbeda-beda tergantung generasinya dan tentu saja semakin muda maka semakin mahal. Untuk Vios generasi pertama, harga sedan bekas yang biasa ditawarkan oleh orang-orang adalah sekitar 90 jutaan, dan Vios generasi kedua jauh lebih mahal di angka yang menembus seratus jutaan. Semakin lama, pasar generasi pertama dan kedua ini akan semakin bertambah menyusul munculnya generasi ketiga dari mobil Toyota Vios.

Share