header-baru

ONDERDIL TOYOTA SOLUNA

Melihat Detail Spesifikasi Mobil Toyota Soluna
Ketika kita membicarakan tentang mobil sedan Toyota yang ada di Indonesia, tentu kita biasanya tidak akan lupa dengan yang beberapa waktu sempat menjadi mobil pilihan salah satu armada taksi Indonesia, yaitu mobil Toyota Soluna. Toyota Soluna sendiri sebenarnya bukanlah bagian dari seri baru milik Toyota, melainkan salah satu generasi dari seri Toyota Tercel.

Sedikit Mengulas Tentang Mobil Toyota Soluna
Review Singkat Tentang Soluna
Mobil yang disebut sebagai Toyota Soluna sebenarnya belum akan muncul hingga tahun 1994, dimana ia muncul sebagai nama lain dari generasi ke-5 milik Toyota Tercel. Generasi pertama muncul tahun 1978 dan digantikan oleh generasi kedua dari tahun 1982 hingga 1986 sebelum generasi ketiga mengambil alih pada tahun 1987 hingga 1990. Pada tahun 1990 ini lah generasi keempat Torceta muncul dan bentuknya nanti akan menjadi basis dari mobil Toyota Soluna yang akan diproduksi 4 tahun setelahnya. Pada tahun 1998, terjadi facelift untuk Tercel generasi kelima, dan tidak lama mereka memasarkannya di pasar Asia dengan nama Toyota Soluna dengan bagian nose dan tail yang sedikit berbeda.

Onderdil Mesin dari Toyota Soluna
Secara teori, mesin yang bisa dipasangkan pada mobil Toyota Soluna ada 4 jenis yaitu mesin 2E I4 berkapasitas 1,3 liter yang dikhususkan untuk pasar Amerika Selatan dan Tengah, mesin 4E-FE I4 kapasitas 1,3 L,mesin 1N-T Turbodiesel I4 dengan kapasitas 1, 5 liter dan tenaga sebesar 66 tenaga kuda, dan jenis yang terakhir adalah mesin 1,5L 5E-FE I4 yang juga dikenal sebagai mobil yang penggunaan bensinnya paling efisian dibandingkan mobil dengan 4 silinder lainnya pada masa itu. Meski begitu, untuk pasar Asia Toyota kemudian menggunakan mesin baru dan mesin tersebut bernama 5A-FE yang kapasitasnya adalah 1,5 liter dengan kekuatan 100 tenaga kuda. Sebagai pengangkat kekuatan mesin tersebut, ada transmisi manual dengan 4 atau 5 kecepatan dan transmisi otomatis dengan 3 atau 4 kecepatan.

Desain Eksterior Toyota Soluna
Kita tidak bisa buang mata bahwa untuk menentukan sebuah mobil bagus atau tidak kita juga harus menilai bentuknya, dan hal yang sama berlaku untuk Soluna. Desain eksterior mobil Toyota Soluna versi sebelum facelift sebenarnya hampir mirip dengan generasi Tercel sebelumnya dengan grill kecil di bagian hidung yang diapit dengan dua suku cadang lampu head lamp depan berbentuk persegi panjang yang agak lonjong. Setelah dilakukan facelift, grille depan kini lebih besar dan bentuk headlight atau lampu depan menjadi jajaran genjang. Mobil ini muncul dengan tiga tipe, yaitu hatchback 3 pintu, coupe 2 pintu dan sedan yang memiliki 4 pintu. Di Indonesia sendiri, Toyota Soluna yang sering dilihat adalah versi sedan 4 pintu.

Desain Interior Toyota Soluna
Setelah puas melihat lihat bodi dari Soluna, kita kini akan membahas sedikit mengenai desain interior mobil Toyota Soluna . Maksimum orang yang bisa diangkut oleh mobil ini adalah 5 orang. Yang amat disayangkan dari bagian dalam yang hampir semuanya serba melengkung ini adalah material onderdil dasbor yang digunakan membuat mobil sedan ini tampak kurang elegan. Meski begitu, warna hitam membantu meminimalisir efek tersebut dan mubngkin pada masa itu warna hitam merupakan trend warna nya.

Harga mobil Toyota Soluna Bekas
Harga mobil Toyota Soluna bekas di Indonesia sendiri cukup murah karena masih ada di bawah angka 70 jutaan. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa kita tidak bisa lagi mencari mobil Soluna baru karena produksinya juga dihentikan menyusul munculnya penerus Tercel yaitu Toyota Vios dan Toyota Platz atau Echo. Meski begitu, hal tersebut tidak serta merta mengakhiri masa hidup dari mobil Toyota Soluna karena ketersediaan spare partnya masih cukup banyak di jumpai anda bisa kontak kami dan bengkel bengkel service toyota pun cukup mudah untuk menangani perbaikan mobil Toyota soluna.

Share