header-baru

ONDERDIL TIMOR DOHC

Merek Mobil Timor DOHC dengan Tiap Spesifikasinya
Dari banyaknya mobil-mobil DOHC, kita tidak boleh lupa bahwa Indonesia juga memiliki mobilnya sendiri, yaitu mobil Timor DOHC. Mobil Timor yang menggunakan DOHC injeksi ada 2, yaitu Timor S515i 1498cc dan Timor SW516i 1600cc. Pada kesempatan kali ini, kita hanya akan membahas tentang Timor SW516i saja.

Pembahasan Singkat Mengenai Mobil Timor DOHC SW516i
Apa itu Timor SW516i?
Mobil Timor DOHC SW516i injection merupakan sebuah mobil nasional yang merupakan rebranding dari Kia Sephia generasi pertama yang dirilis pada tahun 1992, dimana Kia Sephia juga dinilai sebagai mobil sedan Kia yang paling baik. Timor SW516 muncul ketika mereka memasukkan tipe Wagon ke Indonesia, dan ada lagi satu tipe lainnya yang dibentuk seperti Limo dengan 6 pintu.

Mesin yang Digunakan oleh Timor SW516i
Ketika kita berbicara tentang mobil, tidak bisa kita melewatkan tentang mesin yang mampu menerbangkan mobil ini. Mobil Timor DOHC SW516i menggunakan mesin I4 berkapasitas 1,6 liter yang merupakan mesin berlisensi milik Mazda, tapi onderdil mesin tersebut dirakit oleh Kia. Rakitan spare part mesin tersebut bisa menghasilkan kekuatan sebesar 105 tenaga kuda dan bisa menempuh kecepatan 0 hingga 60 dalam waktu 11 detik, dimana kecepatan tertinggi dari mesin tersebut adalah 125, jika merujuk pada manual yang ada pada mobilnya. Menurut beberapa orang yang melakukan ulasan mendetil pada mesinnya, akselerasi yang dihasilkan agak aneh karena ketika kaki kita menginjak gas, butuh waktu agak lama hingga kita mencapai angka 3800 rpm sebelum akhirnya mesin mengeluarkan kemampuan penuhnya, tapi pada rpm ke-5000 mesin akan berhenti mengeluarkan tenaga dan malah mengeluarkan bunyi yang berisik. Karena hal ini lah, mesin Timor SW516i mengecewakan jika harus dibawa menuju RPM yang tinggi.

Desain Lekuk Tubuh Timor dan interior SW516i
Yang membuat sebuah mobil dilihat indah di kali pertama tentu saja adalah bagian bodinya, dimana desain eksterior mobil Timor DOHC SW516i dinilai sebagai contoh desain eksterior yang baik pada masanya. Menurut beberapa orang, desain luaran mobil ini menggambarkan bagaimana jika Kia membuat sebuah Legacy Wagon milik Subaru, jadi bentuk mobil ini amat menyenangkan untuk dilihat. Grille bagian depannya diapit tanpa jeda dengan dua lampu headlight yang bentuknya jajar genjang tapi melingkar di bagian belakangnya. Mobil ini juga memiliki 5 pintu, yaitu 2 di masing-masing sisi dan 1 di bagian belakang. Untuk yang versi limo, pintu di bagian sisi ada 3, dan pintu tengah hanya berukuran sekitar 20 inci. Yang membuat beberapa orang kecewa adalah desain interior mobil Timor DOHC SW516i yang kurang menarik. Tujuan awal Kia melakukan ini adalah untuk membawa kembali rasa nostalgia orang-orang untuk pada mobil-mobil masa itu.

Harga bekas dari Mobil Timor SW516i
Harga mobil Timor DOHC SW516i ini tidak diketahui banyak orang karena produksinya sendiri sangat sedikit. Jika sabar mencarinya dengan teliti dan rajin, maka dengan dengan sekitar 60 jutaan Anda bisa mendapatkan sebuah mobil Timor DOHC. Berbeda dengan kendaraan timor Timor DOHC S515i 1498cc injection banyak sekali di kendarai para klub maupun penghobi sedan ini karena peminat mobil ini tinggi serta suku cadang dan variasi mobil nya mudah di dapat.