header-baru

ONDERDIL KIA SHUMA

Mobil Kia Shuma dengan Informasi Harga dan Spek onderdil
Ketika pertama kali diproduksi pada tahun 1997, diketahui bahwa mobil Kia Shuma merupakan generasi kedua dari mobil seri Kia Sephia yang produksinya dimulai dari pertengahan 1992 dengan onderdil mobil nya yang hampir sama. Generasi pertama dari Kia Sephia sendiri sebenarnya pernah masuk Indonesia dengan nama Timor S515/S516 yang saat itu dirilis di pertengahan 90-an. Mobil ini memiliki 2 jenis, yaitu sedan dengan 4 pintu dan Coupe liftback 5 pintu. Di Korea Selatan yang merupakan tempat asalnya, nama Kia Sephia sendiri sudah dihentikan dan diubah menjadi Kia Spectra atau Kia Shuma di beberapa negara. Pada tahun 2002, mobil ini mengalami beberapa modifikasi facelift. Produksi mobil ini berakhir pada tahun 2003, tapi hingga 2011 produksi masih berlanjut di Rusia dengan nama terbaru mobil Grand sephia.

Review Pendek Mengenai Mobil Kia Shuma
Perbaikan Mesin Sedan Kia Shuma
Awal mula munculnya Kia Shuma adalah ketika pada tahun 1997, pihak Kia memutuskan untuk melakukan desain ulang dengan perbaikan modifikasi Sephia dari awal dan mencoba mengubahnya menjadi sedan 4 pintu dan liftback 5 pintu.Kali ini, produksi mobil Kia Shuma dilakukan sepenuhnya oleh Kia dengan sedikit bantuan dari Mazda. Spare part mesin yang digunakan oleh generasi kedua dari Sephia ini ada 3 jenis, yaitu mesin B5-DE I4 DOHC 1,5 liter, B6 I4 DOHC 1,6 liter, dan yang terakhir adalah mesin DOHC 1,8 liter milik mereka sendiri yang bernama T8D yang awalnya dibuat untuk Kia Elan. Mesin-mesin tadi lalu diakomodir dengan 2 jenis komponen transmisi yang berbeda, yaitu transmisi manual dengan 5 pilihan kecepatan dan transmisi otomatis F4A-EL yang memiliki 4 kecepatan.

Desain Eksterior Kia Shuma yang Unik
Ketika kita membicarakan tentang mobil tak akan pernah bisa kita lepas dari sisi luarannya, karena itu kita kini akan membahas tentang desain eksterior mobil Kia Shuma. Bentukan Kia Shuma sebenarnya tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan mobil-mobil sedan lainnya yang ada di pasaran pada saat itu. Sesuai tipenya, mobil ini memiliki jumlah pintu dari 4 hingga lima secara keseluruhan. Spare part mobil Grille depan adalah grille khas Kia, garis-garis atau honeycomb berwarna hitam dengan suku cadang emblem logo Kia di tengahnya. Yang membuat unik Kia Shuma adalah perbaikan modifikasi pada jenis lampu Head Lamp utamanya yang ada sebelum facelift, berbentuk dua buah lingkaran besar dan kecil di tiap sisi mobilnya. Ketika facelift dilakukan pada tahun 2002, gaya ini diganti dengan model yang lebih konserfatif, melonjong.

Mengintip Bagian Desain Interior Kia Shuma
Ketika bagian luaran dari mobil Kia Shuma sudah puas kita amati, kita kini beralih menuju desain interior mobil Kia Shuma yang dinilai beberapa orang sebagai tanda dari pihak Kia mencoba untuk bermain aman dibandingkan mencoba formula-formula perbaikan modifikasi yang mencolok. Gaya yang ada pada bagian dalam mobil ini amat sederhana dan pasaran, tapi justru beberapa orang mengagumi gayanya yang sederhana ini. Dengan style 2 jok duduk an kursi di depan dan satu kursi memanjang dibelakang yang semuanya dilapisi balutan kain leather, bisa dipastikan bahwa orang-orang pengemudi yang mengendarai maupun menumpang dalam Kia Shuma akan merasa nyaman menaikinya.

Penelusuran Harga Kia Shuma Bekas
Mengingat produksi mobil ini berakhir pada tahun 2003, tidak mungkin kita bisa mengetahui harga mobil Kia Shuma yang baru kecuali kita impor dari Rusia. Harga pasaran bekas kendaraan sedan milik Kia ini di Indonesia ada pada kisaran harga di bawah 45 jutaan, dan hal itu bisa dibilang amat murah mengingat betapa canggihnya mobil seken ini pada masa itu. Kini, sudah ada Grand Sephia dengan balutan fitur spare part Head Lamp mobil yang modern yang melanjutkan masa hidup mobil Kia Shuma.

Share