header-baru

ONDERDIL DAEWOO NEXIA

Mobil Daewoo Nexia dengan 2 Jenis Alat Mesin Andalan
Jika kita berbicara sedan, biasanya akan banyak macam merk yang kita sebut, tapi ada satu merk yang biasanya lewat di bawah alam radar kita yaitu mobil Daewoo Nexia. Daewoo Nexia sendiri merupakan nama lain dari generasi kedua Daewoo LeMans yang diproduksi pada tahun 1994 hingga tahun 1997, dimana generasi pertama dari seri penting tersebut dirilis pada tahun 1986 hingga 1994. Selain nama Nexia, Kendaraan mobil ini juga dikenal dengan nama sedan Daewoo Cielo.

Sedikit Ulasan Mengenai Mobil Daewoo Nexia
Mengintip Sejarah dan Peralatan Mesin dari Daewoo Nexia
Nexia yang merupakan generasi kedua dari LeMans pertama kali dirilis dalam 3 versi, yaitu hatchback 5 pintu, hatchback 3 pintu, dan sedan dengan 4 pintu. Meskipun bisa dibilang model baru pada masanya, mobil ini masih menggunakan Opel Kadett E sebagai basis dasarnya yang bisa dilihat dari platform T dari mobil Daewoo Nexia ini. Ada beberapa trim yang tersedia untuk mobil ini ketika ia diekspor oleh pihak Daewoo ke Inggris yaitu GLi dengan 8 valve dan GLXi dengan 16 valve. Pada tahun 1996, Cielo yang merupakan varian Nexia yang hanya memiliki nama berbeda dihentikan produksinya dikarenakan Daewoo bangkrut dan terpaksa menghentikan produksi Cielo yang berbasis di India. Yang ironis adalah pada masa itu, Nexia merupakan salah satu mobil keluarga yang paling disukai di Inggris.

Mobil Daewoo Nexia memiliki dua kategori jenis mesin yaitu G15MF I4 berkapasitas 1,5 liter dan Family 1 I4 kapasitas 1,6 liter dimana keduanya sama-sama menggunakan sistem bensin dan bukan diesel. Kedua jenis mesin yang berbeda tadi juga memiliki 3 onderdil jenis pasangan transmisi yaitu untuk transmisi otomatis ada GM THM125 dengan 3 kecepatan dan GM 4T40E yang memiliki 4 kecepatan, sementara untuk transmisi manual sendiri memiliki 5 kecepatan. Untuk jenis trim GLi, waktu yang ditempuh untuk mencapai kecepatan 100 km/h adalah 11,3 detik cukup fantastis.

Desain Peralatan Eksterior Daewoo Nexia
Desain aksesoris eksterior mobil Daewoo Nexia amat jauh dari kata-kata khas, karena ia mengadopsi bentuk sedan pada masa itu yang amat tradisional. Pada bagian depan ada sebuah spare part grille mobil kecil yang diapit oleh dua lampu headlight yang bentuknya seperti trapesium, tapi di ujungnya agak sedikit melengkung ke atas. Tergantung jenisnya, mobil ini memiliki beberapa pintu seperti misalnya pada hatchback tiga pintu maka hanya memiliki pintu kiri, kanan, dan bagian belakang untuk penyimpanan. Ada banyak pendapat beragam mengenai keputusan Daewoo untuk bermain aman pada body part desain ini, di satu sisi publik berkata desainnya amat membosankan sementara yang lain berkata bahwa mereka akan merasa nyaman memiliki sedan yang desainnya mirip sedan dengan merk yang lain.

Desain Peralatan Interior dari Daewoo Nexia
Setelah eksterior dari Nexia tidak memberi kesan yang kuat, kini kita akan melihat desain aksesoris interior mobil Daewoo Nexia. Ada beberapa versi berbeda dari desain warna mobil ini, dimana salah satunya berwarna coklat dan yang lainnya berwarna hitam. Bentukan alat dasbor pada mobil yang satu ini amat mencerminkan eranya, dimana segala sesuatunya masih didesain serba kotak-kotak. Untuk kapasitas kursi jok, mobil ini bisa mengangkut hingga 5 penumpang.

Harga Bekas Nexia yang Dibanderol
Harga mobil second Daewoo Nexia kini tidak lagi tinggi mengingat produksinya telah lama dihentikan, yang berarti juga kita tidak mungkin akan bisa mendapatkan Nexia baru karena yang paling baru sendiri muncul sekitar 15 tahun yang lalu. Harga bekas dari mobil ini di Indonesia ada pada kisaran 30 jutaan, yang merupakan harga amat baik mengingat sejarah mobil murah yang dimiliki oleh mobil Daewoo Nexia.